KontakPerkasa Futures – Yen gelar kenaikan terbesar dalam dua hari dalam satu bulan terakhir terhadap dolar AS karena investor berspekulasi ekonomi Jepang cukup kuat untuk meyakinkan bank sentral Jepang (BOJ) untuk menahan diri menambah pelonggaran moneter pekan ini.

Mata uang Jepang ditransaksikan mendekati level tertinggi dalam satu pekan terakhir pasca Kantor Kabinet mengatakan hari Senin bahwa produk domestik bruto (PDB) tumbuh sebesar 2,2 persen basis tahunan pada kuartal terakhir tahun lalu, menghentikan kontraksi pada dua kuartal sebelumnya. Yen menguat terhadap euro karena pembicaraan krisis-waktu antara Yunani dan kreditor internasional memicu permintaan untuk aset haven.

Yen naik 0,1 persen ke level 118,63 per dolar pukul 09:04 pagi di Tokyo dari jumat kemarin. Yen mendatar pada level 135,32 per euro. Sementara itu, euro di transaksikan pada level $ 1,1404 dari $ 1,1394.

Pasar AS akan ditutup Senin untuk liburan.

BOJ akan mengumumkan keputusan kebijakan pada hari Rabu mendatang.

Di Eropa, menteri keuangan Yunani Yanis Varoufakis memimpin delegasi pemerintah kembali ke Brussels Senin ini, dengan bailout Yunani saat ini yang habis pada akhir bulan ini. (izr)

Sumber: Bloomberg