KONTAK PERKASA FUTURES – Bursa AS ditutup pulih lebih dari 1,5% saat transaksi malam sebelumnya (29/6). Data CNBC menampilkan, pada jam 4 sore waktu New York, indeks S&P 500 menguat 1,7% ke level 2.070,77.

Semmentara indeks Dow Jones Industrial Average menguat 1,64% ke level 17.694,68. Penguatan juga dirasakan oleh indeks Nasdaq sejumlah 1,86% ke level 4.779,25.

Analis memprediksikan, kenaikan bursa AS didukung oleh naiknya harga minyak dunia. Disisi lain, kecemasan tentang dampak Brexit juga sudah mulai mereda.

“Saya menilai, sebagian investor yang melihat Brexit adalah bencana bagi Inggris. Tapi hal tersebut hanyalah cipratan yang besar bersama riak yang kecil,” ujar chief global strategist JPMorgan Funds, David Kelly.

Indeks Dow Jones ditutup dengan penguatan hampir mencapai 285 poin, didukung oleh saham Boeing dan Goldman Sachs yang menyumbang kontribusi terbesar mengenai penguatan itu.

Sementara Nasdaq mencatat penguatan dengan dukungan saham Microsoft yang menguat 2,2% serta iShares Nasdaq Biotechnology ETF menguat lebih dari 2%.

Sementara harga minyak ditutup dengan penguatan US$ 2,03 atau 4,24% ke level Rp 49,88 per barel. Penguatan harga minyak terjadi sesudah Energy Information Agency mengemukakan akan terjadi berkurangnya cadangan minyak sekitar 4,05 juta barel.

Kenaikan harga minyak juga didukung oleh adanya spekulasi penurunan cadangan minyak jangka pendek.

Source : kontan.co.id