PT KONTAK PERKASA –¬†Wall Street naik merespons janji Presiden China Xi Jinping untuk memangkas tarif. Selasa (10/4), Dow Jones Industrial Average melonjak 428,9 poin atau 1,79% ke lvel 24.408.

Indeks S&P 500 menguat 43,71 poin ke 1,67% ke 2.656,87. Nasdaq Composite bahkan melambung hingga 2,07% atau 143,96 poin kembali ke 7.094,30.

Harga saham Boeing dan Caterpillar naik lebih dari 3% karena kekhawatiran perang dagang mulai mereda. Dalam pidato di Boao Forum kemarin, Presiden Xi mengungkapkan akan membuka ekonomi, menurunkan tarif impor mobil, serta menegakkan hak kekayaan intelektual dan mengurangi bea masuk produk konsumer.

“Pidato Xi menunjukkan sinyal untuk trading dengan risiko lebih tinggi. Inilah yang menyebabkan pasar saham naik,” kata Mariann Montagne, portfolio manager Gradient Investment kepada Reuters.

Harga saham Facebook pun melonjak 4,5% setelah CEO Mark Zuckerberg memulai testimoni di hadapan Kongres. Ini adalah kenaikan harian terbesar saham Facebook dalam dua tahun terakhir.

Pasar masih diselimuti sentimen positif setidaknya hingga akhir bulan. Analis memperkirakan, laba emiten penghuni S&P 500 akan naik 18,5% pada kuartal pertama tahun ini. Akhir pekan nanti, beberapa bank besar seperti Citigroup, JPMorgan Chase dan Wells Fargo akan merilis laporan keuangan.

Sempat naik tinggi, indeks utama Wall Street akhirnya ditutup menguat tipis pada perdagangan Senin (9/4). Dow Jones Industrial Average naik 0,19% ke 23.979,10.

Indeks S&P 500 naik 0,33% ke 2.613,16. Nasdaq Composite menanjak 0,51% ke 6950,34.

Pasar saham sempat menguat tinggi setelah aksi jual besar-besaran akhir pekan lalu. Kekhawatiran perang dagang mulai mereda. Tapi, kenaikan ini tergerus setelah Federal Bureau of Investigation (FBI) menggerebek kantor Michael Cohen, pengacara pribadi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

“Meski pada akhirnya nanti ternyata tidak terbukti apa pun, reaksi awal selalu negatif di pasar,” kata Randy Frederick, vice president of trading and derivatives Charles Schwab kepada Reuters.

Di sisi lain, penasihat ekonomi Trump, Larry Kudlow mengatakan bahwa Trump terbuka untuk membentuk koalisi internasional untuk mengatasi masalah perdagangan yang melibatkan China. Investor pasar saham akan menunggu sinyal posisi China pada perdagangan global saat Presiden Xi Jinping membuka konferensi ekonmi Boao Forum hari ini.

Dari bursa pun investor akan menunggu kinerja keuangan kuartal pertama. Tiga bank, JPMorgan Chase, Citigroup dan Wells Fargo akan merilis laporan keuangan kuartal pertama pada Jumat ini.

Analis memperkirakan, laba emiten S&P 500 akan naik 18,5% secara tahunan pada akhir kuartal pertama. Menurut data Thomson Reuters I/B/E/S, ini adalah angka pertumbuhan tertinggi dalam tujuh tahun terakhir.

Source : kontan.co.id