Pembangunan infrastruktur menjadi fokus utama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya adalah proyek tol Trans Jawa, yang beberapa ruas masih dalam proses pengerjaan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku pelaksana proyek menargetkan tol Trans Jawa dapat beroperasinya sepenuhnya di 2017 mendatang. Agar target ini tercapai, Kementerian PUPR juga menggandeng Kementerian BUMN dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) rutin menggelar.

“Konektivitas untuk dukung pertumbuhan ekonomi, meminimalkan ketimpangan. Trans Java Toll Road minimal 2017 operasional. Setiap dua minggu kami rapat dengan BUMN. Khusus dengan tol Trans Jawa setiap 2 bulan sekali saya cek. Terutama pembebasan lahan, Desember ini harus clear semua, termasuk Solo-Surabaya,” jelas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat konferensi pers tentang nota keuangan dan RUU APBN 2017 di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Tidak ketinggalan, proyek pembangunan Tol Trans Sumatera juga ditargetkan rampung di tahun mendatang dari Bakauheni sampai ke Palembang. Di 2017, Tol Trans Sumatera dari Bakauheni ke Palembang diharapkan dapat dilewati kendaraan roda empat secara fungsional.

“Untuk Sumatera, semoga Bakauheni-Tebangi Besar-Kayu Agung- Palembang 2017 semoga bisa,” tambah Basuki.

Proyek infrastruktur lainnya

Tidak hanya jalan tol, pembangunan jalan nasional antar provinsi juga akan dibangun sepanjang 796 kilometer (km) di berbagai lokasi dan diperkirakan selesai di tahun 2017. Kementerian PUPR juga tengah sibuk membenahi wajah Indonesia di perbatasan dengan melakukan renovasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di 9 titik perbatasan.

“Jalan baru akan dibangun 796 km jalan nasional. Di 2017 selesaikan di pintu lintas batas negara di 9 titik, Kalimantan Barat, Entikong, Motaain, NTT, Jayapura, danKalimantan Utara. Desember ini pintu-pintunya sudah selesai semua,” kata Basuki.

KONTAK PERKASA FUTURES – Untuk sektor pertanian, Kementerian PUPR juga menargetkan adanya 65 waduk untuk mengairi lahan pertanian yang tersebar si beberapa titik. Targrt tersebut juga termasuk pembangunan 7 waduk baru di 2017.

“Bendungan 2015 ada 49 waduk, 2016 ada 8, 2017 ada 9 waduk baru. Total pembangunan waduk yang harus diselesaikan 65 waduk untuk menjamin irigasi,” terang Basuki.

Untuk sektor properti, Kementerian PUPR juga mengemban tugas dalam merealisasikan program satu juta rumah yang digagas Jokowi. Hingga bukan Agustus 2016, Kementerian PUPR telah membangun lebih dari 400.000 rumah dari target 690.000.

“Pemukiman FLPP terus bertambah, untuk 2014-2015 690.000 rumah MBR. Tahun ini semoga bisa dan sekarang ada expo rumah kami sudah punya 400.000. Semoga akhir tahun bisa lebih dari 690.000,” tutup Basuki.

Source : detik.com