KONTAK PERKASA (31/12) – Saham Eropa menguat di perdagangan hari libur tenang pada hari Selasa , karena pasar ekuitas tetap mendukung komentar Bank Sentral Eropa baru-baru ini sebelum akhir tahun .

Jerman , Italia, Skandinavia dan Swiss pasar semua ditutup pada hari Selasa , sementara London , Madrid dan Paris dibuka untuk setengah hari .

Selama perdagangan pagi di Eropa , Perancis CAC 40 naik 0,28 % , sementara Spanyol IBEX 35 naik tipis 0,02 % .

Volume perdagangan yang tipis karena banyak investor sudah tutup buku sebelum akhir tahun , mengurangi likuiditas di pasar dan meningkatkan volatilitas , yang membantu pergerakan harga pasar .

Pada hari Jumat , anggota Dewan Pemerintahan ECB Weidmann , yang juga mengepalai Bundesbank Jerman , mengatakan bahwa menjaga suku bunga rendah dapat membahayakan reformasi politik . Dia menambahkan bahwa inflasi yang rendah tidak boleh digunakan untuk membenarkan kebijakan moneter yang longgar .

” Kita harus berhati-hati untuk menaikkan suku bunga lagi pada waktu yang tepat harus membangun tekanan inflasi , ” kata Weidmann .

Secara terpisah , Presiden ECB Mario Draghi mengatakan ia tidak melihat kebutuhan mendesak untuk menurunkan suku bunga utama zona euro lebih lanjut dan melihat ada tanda-tanda deflasi .

Di sektor keuangan , BNP Paribas dan Societe Generale naik 0,19 % dan 0,53 % , sementara Banco Santander dan BBVA turun 0,17 % dan 0,22 % masing-masing .

Di tempat lain , saham Orange turun 0,76 % di tengah laporan perusahaan sedang mempersiapkan respon hukumnya terkait laporan dugaan dari National Security Agency AS telah mengakses data pelanggan yang dikirimkan oleh kabel bawah laut sebagian digunakan oleh operator telekomunikasi Perancis itu .

Di London , FTSE 100 naik 0,26 % , didukung oleh keuntungan di saham keuangan .

Saham Lloyds Banking naik tipis 0,04 % dan Royal Bank of Scotland menambahkan 0,24 % , sementara HSBC Holdings dan Barclays naik 0,39 % dan 0,75 % masing-masing .

Menambah keuntungan , International Personal Finance naik 0,40 % setelah Citigroup merekomendasikan bahwa investor membeli saham .

Pada sisi negatifnya , raksasa pertambangan Rio Tinto dan BHP Billiton tergelincir 0,28 % dan 0,16 % , sedangkan Randgold Resources dan Vedanta Resources anjlok 1,01 % dan 1,95 % .

Di AS , pasar modal menunjuk terbuka stabil . Indeks Dow Jones Industrial Average menunjuk turun 0,01 % , S & P 500 mengisyaratkan kenaikan 0,04 % , sementara Nasdaq 100 menunjukkan keuntungan 0,03 % .

Di AS akan merilis data sektor swasta pada kepercayaan konsumen dan inflasi harga rumah , serta laporan aktivitas manufaktur di wilayah Chicago .