Saham Eropa turun, pasca bergeser pada mingguan pertama mereka lebih dari satu bulan terakhir, di tengah kekhawatiran atas pertumbuhan perekonomian di China dan aktivitas merger dan akuisisi. Sementara itu indeks berjangka AS dan saham Asia juga turun.

Indeks Stoxx Europe 600 turun sebesar 0,4 persen ke level 343,05 pukul 08:19 pagi di London. Indeks acuan tersebut turun sebesar 1 persen pada pekan lalu, merupakan penurunan pertamanya sejak pekan lalu yang berakhir pada 8 Agustus, karena investor mengkaji kebijakan stimulus bank sentral, dan jajak pendapat jelang referendum Skotlandia pada pekan ini. Indeks berjangka Standard & Poor 500 turun sebesar 0,3 persen, sedangkan Indeks MSCI Asia Pacific turun sebesar 0,6 persen.

Sementara itu kinerja produksi pabrik di China naik sebesar 6,9 persen dari tahun sebelumnya pada Agustus kemarin, kantor statistik melaporkan pada sabtu kemarin. Kinerja tersebut turun sebesar 9 persen pada Juli dan menurut perkiraan para ekonom pertumbuhan di bawah 8,8 persen. Hal itu merupakan laju paling lambat sejak Desember 2008 silam di luar masa liburan Tahun Baru Imlek Januari dan Februari. Penjualan ritel naik sebesar 11,9 persen, membuntuti perkiraan sebesar 12,1 persen dan turun sebesar 12,2 persen pada Juli lalu. Pertumbuhan investasi melambat ke level 16,5. (vck)

Source: Bloomberg