KontakPerkasa Futures – Saham Asia naik, dengan indeks Nikkei 225 Stock Average meningkat ke level 15-tahun tertingginya, dan emas meorosot karena investor menunggu kemajuan ekstensi bailout Yunani yang disepakati pada jumat kemarin. Minyak turun di New York.

Indeks Nikkei 225 naik sebesar 0,8 persen pukul 09:20 pagi di Tokyo, sementara Indeks Australia S&P/ASX 200 menguat 0,4 persen pasca kenaikan mingguan kelima berturut-turut. Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 stagnan pasca wallstreet AS ditutup pada rekor tertingginya. Euro mendatar, sementara emas ditransaksikan pada level $1,202.41 per ons pasca turun 0,4 persen pada Jumat kemarin. Minyak di New York turun setelah anjlok sebesar 4,6 persen pekan lalu.

Pemerintah Yunani sampai akhir Senin untuk menyelesaikan daftar kebijakan sebagai imbalan atas perpanjangam program bailout selama empat bulan kedepan pasca pembicaraan pada 20 Februari kemarin. Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda dijadwalkan berpidato di depan parlemen pasca rilis risalah pertemuan Januari-nya. Para pejabat di Kiev mengatakan pemberontak pro-Rusia di timur Ukraina terus menyerang pasukan Ukraina, sementara itu, bom telah menewaskan dua orang di kota Kharkiv. (izr)

Sumber: Bloomberg