KontakPerkasa Futures – Saham Asia turun terkait neraca perdagangan di China menunjukkan tanda-tanda pelemahan dalam perekonomian terbesar di kawasan itu. Sementara ekuitas Jepang reli karena pelemahan yen setelah payrolls AS melampaui estimasi.

Saham BHP Billiton Ltd, perusahaan tambang terbesar dunia, turun 1 % di Sydney karena saham material dan saham energi turun. Olympus Corp turun 3 % di Tokyo setelah laba meleset dari perkiraan dan perusahaan mengatakan penyelidikan AS ke dalam bisnis medis dapat merugikan pendapatan. Sementara Honda Motor Co, yang mendapat 84 % dari penjualan di luar negeri, naik 1 % karena penurunan mata uang yen 1,3 % sehingga mendorong eksportir Jepang setelah laporan pekerjaan AS.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,2 % ke level 141,04 pukul 16:05 sore di Hong Kong. Indeks Topix Jepang naik 0,6 % setelah penurunan yen. Sementara impor China turun tajam dalam lebih dari lima tahun terakhir dan ekspor tiba-tiba jatuh, menurut laporan akhir pekan lalu menunjukkan.

Yen melakukan beberapa penurunan hari ini, sehingga memperoleh 0,2 % ke level 118,86 per dolar. Dolar naik pada Jumat kemarin, karena kemungkinan kenaikan suku bunga Federal Reserve pada awal Juni yang naik karena laporan pekerjaan, yang menunjukkan kenaikan gaji pada bulan Januari menahan kenaikan dalam tiga bulan tertinggi dalam 17 tahun terakhir.

Sumber: Bloomberg