Saham Asia jatuh seiring pasar ekuitas di kawasan ini mulai diperdagangkan untuk pertama kalinya sejak serangan di Paris yang menewaskan sedikitnya 129 orang.

MSCI Asia Pacific Index turun 0,6 persen ke level 131,47 pada pukul 09:00 pagi waktu Tokyo, dengan lebih dari 20 saham jatuh untuk setiap yang naik. E-mini futures pada indeks Standard & Poor 500 kehilangan 0,6 persen, sedangkan indeks Topix Jepang merosot 1,5 persen seiring penguatan  yen dan data menunjukkan bahwa Jepang jatuh kembali ke dalam resesi. Investor menilai dampak dari serangan Paris terhadap ekonomi Eropa pada saat output global sudah melemah.

Pesawat-pesawat tempur Prancis membom pusat jantung Negara Islam di Raqqa setelah pemerintah negara itu mengatakan serangan teror terburuk di Eropa dalam satu dekade diarahkan dari Suriah dan diluncurkan dari Belgia. Eropa berada pada siaga tinggi dalam kurang dari satu tahun setelah pembantaian Charlie Hebdo, dengan perburuan diintesnifkan di Brussels untuk Abdeslam Salah, tersangka 26 tahun yang lahir di kota Belgia, seiring para penyelidik Prancis mengejar pimpinan. (sdm)

Sumber: Bloomberg