Kontakperkasa Futures – Saham AS turun, diikuti indeks acuan yang turun tajam dalam dua bulan terakhir, karena data tenaga kerja yang lebih baik dari perkiraan sehingga memicu spekulasi bahwa Federal Reserve akan semakin dekat dalam menaikkan tingkat suku bunga.

Indeks Standard & Poor 500 turun 1,4 %, merupakan penurunan terbesar sejak 5 Januari lalu, turun ke level 2,071.26 pukul 16:00 sore di New York. Indeks ekuitas juga melemah 1,8 % pekan ini.

Para pengusaha menambahkan jumlah tenaga kerja lebih dari perkiraan pada bulan Februari lalu dan tingkat pengangguran turun menjadi 5,5 %, merupakan tingkat terendah dalam hampir tujuh tahun terakhir, sehingga menunjukkan pasar tenaga kerja mempertahankan kemajuan setelah kinerja tahunan terbaik dalam 15 tahun terakhir.

Data payrolls bulan lalu naik sebesar 295.000 dibandingkan pada Januari 239.000 peningkatan yang lebih sedikit dari yang dilaporkan sebelumnya, menurut data dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan hari ini di Washington. Perkiraan rata-rata dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom menyerukan peningkatan sebesar 235.000. Tingkat pengangguran turun sebesar 5,7 % sementara penghasilan per jam naik kurang dari perkiraan. (vck)

Sumber: Bloomberg