KONTAK PERKASA FUTURESKebanyakan indeks acuan di bursa AS ditutup datar pada transaksi perdagangan kemarin malam (5/8). Melihat dari data CNBC, pada jam 16.00 waktu New York, indeks Dow Jones Industrial Average ditutup dengan pelemahan tipis 0,02% menjadi berada di level 18.352,05. Saham Disney merupakan saham dengan pelemahan terbanyak. Sementara Visa menjadi peraih tertinggi.

Di sisi lain, indeks S&P 500 berakhir dengan peningkatan 0,02% menjadi berada di level 2.164,25. Sektor teknologi dan informasi berada paling depan dalam kenaikan di antara empat sektor. Dan sektor finansial menjadi sektor dengan pelemahan paling besar.

Sementara itu indeks Nasdaq menguat 0,13% menjadi berada di level 5.166,25.

Pergerakan datar Wall Street terjadi pada saat kenaikan harga minyak dunia serta menjelang diterbitkannya data tenaga kerja AS pada hari Jumat (5/8).

“Kita mengalami ketidakstabilan yang tidak umum… tapi tren dasar yang sedang terjadi saat ini adalah menurun. Tren melambat merepresentasikan bahwa perusahaan besar lebih berhati-hati pada saat merekrut karyawan setelah event Brexit serta menjelang pemilihan umum presiden AS,” tutur chief economist Raymond James, Scott Brown.

Dia memperkirakan, ekonomi AS mencatatkan adanya penambahan sekitar 150.000 lapangan kerja baru pada bulan lalu.

Hal serupa diungkapkan senior equity strategist Fort Pitt Capital, Kim Forrest. “Hari ini investor pun menjajal air saja. Mereka menunggu data tenaga kerja agar mendapatkan gambaran yang jelas tentang kondisi ekonomi,” imbuhnya.

Dari faktor luar, investor juga memperhatikan langkah Inggris yang memotong suku bunga acuannya untuk kali pertama sejak tahun 2009.

Source : kontan.co.id