KONTAK PERKASA FUTURES – Pengiriman uang para tenaga kerja Indonesia (TKI) atau remitansi asal Kabupaten Magetan, Jawa Timur, dari luar negeri melalui jasa kantor pos setempat meningkat signifikan menjelang Lebaran tahun ini yang mencapai Rp 14,6 miliar.

“Jumlah tersebut naik sekitar 33% dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya di kisaran Rp11 miliar,” ujar Kepala Kantor Pos Magetan Indarto kepada wartawan, Minggu.

Menurut dia, peningkatan terjadi sejak memasuki bulan puasa. Nilai nominal pengiriman semakin tinggi sejak dua pekan terakhir menjelang Lebaran.

Peningkatan jumlah kiriman uang tersebut menyusul banyaknya warga Kabupaten Magetan yang bekerja di luar negeri. Tradisi mengirimkan uang untuk keluarga di kampung halaman menjelang Lebaran terjadi setiap tahun.

“Adapun pegiriman uang didominasi dari negara tujuan kerja di Arab Saudi dan Hong Kong. Sedangkan sisanya adalah Malaysia, Singapura, dan Taiwan,” kata dia.

Sementara, untuk pengiriman barang ke luar daerah Magetan melalui jasa Kantor Pos setempat juga mengalami peningkatan hingga 15% dibandingkan hari biasa. Jika pada momentum hari biasa, pengiriam barang hanya mencapai Rp 317 juta per bulan, kini memasuki bulan puasa hingga menjelang Idul Fitri telah mencapai Rp 366 juta.

Jumlah kiriman tersebut, baik uang dari luar negeri masuk ke Magetan ataupun kiriman barang ke luar Magetan, diprediksi masih akan terus bertambah hingga hari mendekati lebaran mendatang.

Menghadapi mometum tersebut, pihaknya akan melakukan persiapan, di antaranya membuka loket lebih banyak dan menambah jam buka operasional. Hal itu bertujuan untuk agar para pengguna jasa Kantor Pos Magetan merasa puas.

Source : kontan.co.id