Buat para Trader mungkin sudah banyak yang mengenal Bullish atau tren harga disaat naik dan Bearish atau tren harga disaat turun. Namun diantara kedua istilah sampai saat ini masih saja ada kekeliruan atau malah menyamakan istilah itu dengan istilah Dovish dan Hawkish. Banyak yang menganggap kalau istilah bullish dengan dovish sebagai istilah dalam naiknya harga dalam pasar karena melihat sifat banteng (asal kata dari Bull pada bullish) yang menyeruduk ke atas dan sifat burung dove (asal kata dari dove pada dovish) yang juga sama seperti banteng yang suka menyeruduk ke atas yang membuat anggapan kalau dovish juga sama artinya yaitu istilah jika harga pasar cenderung naik. Nah buat Sobat Kontak sekalian, kali ini KPF vonis kalian salah dalam mengartikan kedua istilah itu. Dovish sendiri memang memiliki artian yang hampir sama dengan Bullish, namun memiliki paham yang sangat berbeda. Jika Bullish itu ren harga naik, maka Dovish adalah cara pandang seorang pelaku ekonomi jika dihadapkan dalam situasi ekonomi yang cenderung memiliki resiko yang lebih kecil, contohnya dalam pertemuan di Bank Sentral yang mengambil tindakan untuk tidak agresif dalam penguatan suku bunga dan lebih memilih untuk kemajuan pertumbuhan ekonomi atau memiliki dampak yang kecil.

Begitu pula dengan Bearish dan Hawkish yang mimiliki manuver menukik kebawah yang merupakan kebalikan dari istilah Bullish dan Dovish. Kedua istilah ini juga saja berbeda yaitu Bearish yang berarti tren harga turun sedangkan Hawkish yang berarti cara pandang atau proyeksi terhadap kejadian ekonomi yang arahnya cenderung memiliki dampak yang lebih besar.

Sekian informasi yang KPF bisa sajikan untuk kalian para Sobat Kontak semoga informasi ini bermanfaat. Bila ada salah kata atau penyampaiannya yang salah KPF mohon maaf karena sesungguhnya segala kesempurnaan hanya milik Tuhan Yang Maha Kuasa^^