KontakPerkasa Futures – Emas lanjutkan kerugian untuk harian ketiga pasca dolar membukukan penguatan bulanan terpanjang dalam satu dekade terakhir dan anggota voting dari Federal Reserve mengatakan data ekonomi mendukung kenaikkan biaya pinjaman pada pertengahan tahun.

Bullion untuk pengiriman segera ditransaksikan pada level $1,185.09 per ons pada pukul 8:50 pagi dari level $1,183.57 pada Selasa kemarin, ketika harga emas turun ke level $1,178.59, terendah sejak 20 Maret lalu, menurut harga generik Bloomberg. Emas di Shanghai menguat.

Bullion membukukan kerugian bulanan kedua di bulan Maret seiring propek kenaikan biaya pinjaman memacu rally pada indeks Bloomberg Dollar Spot ke level tertinggi dalam satu dekade terakhir. Presiden the Fed Bank of Richmond Jeffrey Lacker mengatakan pada Selasa lalu data ekonomi yang kuat dapat mendorong kenaikan suku pada bulan Juni mendatang. Tingkat kepercayaan konsumen naik lebih dari yang diproyeksikan bulan lalu, menurut data yang dirilis kemarin, sementara angka pekerjaan akhir pekan ini mungkin menunjukkan payrolls terus meningkat.

Ketua The Fed Janet Yellen mengatakan pada tanggal 27 Maret lalu dia mengharapkan the Fed untuk menaikkan suku bunga tahun ini, dan kenaikan berikutnya akan dilakukan secara bertahap tanpa mengikuti jalan diprediksi. Biaya pinjaman telah mendekati nol sejak tahun 2008 lalu.

Indeks sentimen Conference Board naik menjadi 101,3, pembacaan tertinggi kedua dari ekspansi saat ini, dari level 98,8 pada bulan Februari, menurut data dari kelompok riset berbasis di New York, pada Selasa kemarin. Laporan yang akan dirilis hari Jumat akan menunjukkan pengusaha menambahkan sebanyak 245.000 pekerjaan pada Maret, menurut survei Bloomberg.

Emas untuk pengiriman Juni stagnan pada level $ 1,184.60 per ons di Comex pasca turun sebesar 2,5 persen bulan lalu. Pada Shanghai Gold Exchange, Bullion kemurnian 99,99 persen naik sebesar 0,4 persen menjadi 236,50 yuan per gram ($1,185.90 per ons), menghentikan penurunan selama tiga hari terakhir. (izr)

Sumber: Bloomberg