Kontakperkasa Futures – Indeks Berjangka China melemah setelah seorang ekonom bank sentral menyatakan pertumbuhan ekonomi tahun depan akan melambat.

Kontrak Berjangka pada Indeks CSI 300 yang berakhir Desember ini turun 0.4% ke level 3,203.80 pukul 9:18 pagi waktu setempat.

Pada 12 Desember lalu Indeks Shanghai Composite ditutup menguat 0.4% ke level 2,938.17, mencatat gain pada pekan ke-5.Indeks CSI 300 catat gain 0.3%. Indeks Hang Seng China Enterprises melemah 0.2%, sementara Indeks Hang Seng melemah 0.3%.

China memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun depan melambat 7.1% akibat penurunan pada investasi real estate yang berlanjut, menurut Ma Jun selaku Kepala Ekonom dari Pusat Penelitian  People Bank of China. Sementara pertumbuhan ekonomi melambat, outlook tenaga kerja dan inflasi masih stabil dan kondisi pasar tenaga kerja tidak akan menjadi kekhawatiran utama, menurut dia.

Indeks Shanghai telah mengalami kenaikan 18% selama sebulan terakhir ditengah spekulasi bank sentral akan menurunkan rasio cadangan kas guna mendukung perekonomian yang sedang menuju pertumbuhan ekonomi tahunan terendah sejak 1990 silam. Pekan ini indeks acuan tersebut mengalami kenaikan kurang dari 0.1%. (bgs)

Sumber : Bloomberg