KONTAK PERKASA FUTURES – PT NNT (Newmont Nusa Tenggara) akhirnya dimiliki PT MEDC Tbk (Medco Energi Internasional) dengan cara membeli saham PT AMI (Amman Mineral Internasional).

AMI sebelumnya sudah mengakuisisi saham NNT dari Sumitomo Corporation dan Newmont Mining Corporation. Perusahaan pemilik tambang Batu Hijau tersebut 82,2% sahamnya dimiliki AMI. Nilai pengambil alihannya adalah US$ 2,6 miliar (Rp 33,8 triliun).

Bambang Brodjonegoro, Menteri Keuangan menyambut baik keputusan yang sudah diambil oleh Medco. Beliau memastikan tidak akan lagi memburu saham pernah ditawarkan Newmont sebesar 7%.

“Pemerintah sudah tidak ngejar lagi, begitu saja,” kata Bambang di Istana Negara, Jakarta, Kamis (30/6/2016).

Di mata pemerintah, Medco pun dianggap sebagai perusahaan nasional. Jadi peluang menarik keuntungan yang besar untuk bangsa dan negara lebih besar dari sebelumnya.

“Kalau Medco mau beli ya nggak masalah,” tambahnya.

Seperti yang diketahui, pada tahun 2010 lalu pihak Newmont memberikan penawaran saham sebanyak 7% pada pemerintah. Proses divestasi tersebut cukup panjang dan melewati tiga masa jabatan menteri keuangan. Dari Agus Martowardojo, Chatib Basri hingga Bambang Brodjonegoro.

Source : detik.com