KONTAK PERKASA FUTURES – BI akan menerapkan aturan pembatasan baru bagi transaksi Real Time Gross Settlement (RTGS) yakni dari sebelumnya Rp 500 juta atau lebih menjadi Rp 100 juta atau lebih. Hal ini dilaksanakan agar menambah jumlah transaksi melalui Real Time Gross Settlement.

“Berlaku mulai 1 Juli 2016 kita akan menerapkan aturan pembatasan baru yaitu RTGS yang saat ini paling kecil Rp 500 juta nanti bisa dipakai untuk transaksi paling kecil Rp 100 juta. Pembatasan ini dimaksudkan agar lebih mengarahkan transaksi dengan banyaknya transaksi yang lebih besar ke RTGS. Berlaku seterusnya dari tanggal tersebut (1 Juli 2016),” kata Direktur Eksekutif Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Bramudija Hadinoto, di Gedung BI, Jakarta, Senin (6/6/2016).

Ia menjelaskan, bagi Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) yang saat ini tidak ada batasan caping-nya, kedepannya akan dibatasi paling besar Rp 500 juta.

“Sedangkan kliring yang saat ini kita tidak beri batasan caping-nya, nanti kita akan batasi transaksi lewat Sistem Kliring Nasional (SKN) maksimal Rp 500 juta,” terang Bram.

Dari sisi nominal, kenaikan jumlah transaksi RTGS di bulan Ramadhan mencapai sekitar 10% (Rp 38 triliun) dibandingkan periode sebelum Ramadhan. Sementara SKNBI mengalami kenaikan sekitar 7% (Rp 730 miliar).

Sepanjang periode Ramadan (6 Juni s.d 1 Juli 2016), jam kerja sistem pembayaran non tunai Bank Indonesia tidak ada perubahan. Untuk tanggal 4 Juli 2016, Bank Indonesia akan mengadakan kegiatan operasional terbatas, dan pada tanggal 11 Juli 2016, Bank Indonesia akan mengadakan kegiatan operasional sistem pembayaran non tunai secara normal.

Source : detik.com