West Texas Intermediate ditransaksikan mendekati harga tertingginya dalam hampir dua pekan terakhir pasca Sekjen OPEC mengatakan pihaknya akan memangkas target output mentah tahun depan. Sementara minyak brent stabil di London.

Kontrak berjangka stagnan di New York pasca naik sebesar 2,1 persen kemarin. Organisasi target produksi harian OPEC bisa turun sebesar 500.000 barel ke level 29,5 juta barel pada tahun 2015 nanti, Abdalla El-Badri mengatakan pada sekretariat OPEC di Wina. Di AS, sekjen OPEC mengatakan ia akan mendukung dalam mengirim penasihatnya untuk mendampingi pasukan Irak ke medan perang melawan Negara Islam (ISIS) jika perlu.

WTI untuk pengiriman Oktober berada di level $ 94,70 per barel pada perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange, WTI turun sebesar 18 sen pukul 1:42 siang waktu Singapura. Kemarin kontrak tersebut naik sebesar $ 1,96 ke $ 94,88, yang merupakan penutupan tertinggi sejak 3 September kemarin. Volume semua berjangka yang diperdagangkan sekitar 55 persen di atas RSI 100 hari. Harga tersebut telah turun sebesar 3,8 persen pada tahun ini.

Minyak brent untuk pengiriman November turun sebesar 11 sen ke level $ 98,94 per barel di London berbasis ICE Futures Europe exchange. Acuan minyak mentah Eropa lebih tinggi sebesar $ 5,28 dibandingkan WTI untuk bulan yang sama. Brent ditutup sebesar $ 5,24 kemarin. (vck)

Sumber: Bloomberg