Pemimpin yang sukses –entah dalam bisnis sendiri atau bekerja dalam sebuah perusahaan, biasanya disukai orang dan orang merasa nyaman bersamanya. Kebanyakan para pebisnis sukses juga pemimpin yang sukses. Dapat ditarik benang merah, bahwa para pemimpin sukses ini menjalankan hal-hal yang sederhana saja, tidak kompleks. Pada dasarnya mereka memanusiakan manusia.

Biasanya para pemimpin ini senang mendengarkan. Dalam artian bila berhadapan dengan seorang costumer, dia akan menyimak dengan baik setiap perkataan yang terlontar sebagai poin untuk maju. Kemudian bila berhadapan dengan kolega-koleganya, dia akan menyerapnya dan menjadikan sebagai ide baru. Bahkan dari para pesaing sekalipun, dia akan mendengarkan tentunya untuk menjadikan dirinya lebih baik.

Kemudian seorang pemimpin yang baik, mampu memberikan pandangan-pandangan atas pemikirannya. Namun semuanya disampaikan dengan bahasa yang santun, masuk logika dan dapat menggerakan pendengarnya. Kata-katanya bukanlah perintah, lebih dari itu seperti sebuah wejangan yang teramu dalam sebuah cerita.

Mereka juga selalu menunjukan diri mereka yang sebenarnya, tidak pernah melakukan sandiwara publik. Segala hal mengenai dirinya dapat disimak dengan sangat jelas. Kejujuran akan masa lalu, kesalahan yang telah diperbuat sampai pada orang-orang yang membantunya meraih sukses, sama sekali tidak ditutupinya. Publik sangat menyukai orang-orang seperti ini.

Mereka ini juga sangat percaya pada tim yang dapat meraih sukses. Bagi mereka, sukses bukan miliknya melainkan orang-orang yang berada dalam timnya. Begitu juga dengan aturan-aturan yang diterapkan berdasarkan kesepakatan tim, bukan kemauannya. Ini juga berhubungan dengan perilakunya yang tidak menyembunyikan apapun. Transparansi adalah keyakinannya dalam membangun semangat kerja. Mereka tidak pernah memiliki agenda tersembunyi.

Seorang pemimpin yang lebih baik dari sebelumnya adalah membuat jalan atau jalur komunikasi dengan baik. Entah itu dengan klien, pelanggan, pemilik saham atau yang lainnya. Apalagi di era tekonologi digital ini, komunikasi menjadi lebih mudah dan cepat.

Kemampuan pemimpin-pemimpin ini untuk beradaptasi sangatlah baik. Adaptasi yang dimaksudkan adalah pada berbagai sudut kehidupan. Seperti beradaptasi atas perubahan pasar, perubahan manajemen atau berbagai hal lainnya. Dalam artian seorang pemimpin yang baik itu harus mampu luwes dalam berbagai hal.

Banyak yang mengatakan bahwa pekerjaan akan menjadi ringan bila kita mencintai pekerjaan itu. Orang-orang yang mencintai pekerjaan tidak hanya dapat membuat dirinya menjadi lebih baik. Namun aura yang keluar akan terasa oleh orang lain dan dapat menularkannya ke orang lain.

Berusahalah untuk memberikan hal-hal positif yang tidak diduga oleh teman-teman satu tim atau klien Anda. Pemimpin-pemimpin ini dapat dengan mudah memberikan senyuman dan tepukan di bahu bawahannya tanpa terduga. Mereka sangat suka membuat semangat bawahannya berkobar hanya dengan pujian yang tak terduga.

Hal lain yang selalu menempel pada pemimpin ini adalah kesederhanaan, bukan hanya pada pembawaannya saja. Melainkan pada cara berpikir mereka yang tidak kompleks ketika menghadapi sebiuah ide atau mewujudkan ide tersebut. Kesederhanaan sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia.

Selalu berterima-kasih pada orang lain atas dukungan dan bantuannya, tak pernah lupa mereka ucapkan. Mereka sadar bahwa pekerjaan yang dikerjakan bukan semata-mata kerjanya, melainkan keringat orang lain. Satu hal lagi yang tak pernah mereka lupakan adalah memandang semua orang setara dengan dirinya. Mereka tidak pernah merendahkan orang lain, meskipun kemampuannya jauh dibawahnya.

– Sumber: Bisnisindeks.com