KONTAK PERKASA FUTURES – PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) mengeluarkan pengumuman rencana pengeluaran obligasi zero coupon sejumlah Rp 1,08 triliun. Aksi korporasi tersebut akan dilakukan pada kuartal IV 2016 mendatang. Dana yang dikumpulkan akan dipakai untuk membiayai restrukturisasi bisnis makanan dan minuman serta untuk melunasi sejumlah utangnya.

“Kalau restrukturisasinya sudah rampung baru closing-nya di kuartal IV,” kata Fetty Kwartati, Direktur Investor Relation PT Mitra Adiperkasa Tbk sesudah paparan publik, kemarin Rabu, 22 Juni 2016.

Kedepannya penerbitan saham baru tersebut akan langsung diserap oleh investor dari Amerika Serikat, General Atlantic. Perusahaan ekuitas tersebut dipilih sebab pengalamannya yang mumpuni di bidang ritel makanan dan minuman, bisnis online serta bisnis offline. Sang mitra tersebut tercatat memiliki aset sebesar US$ 18 miliar.

Apabila dana tersebut berhasil diserap, Mitra Adiperkasa berencana mengalokasikannya untuk 2 usaha. Rencananya sebanyak Rp 725 miliar rencananya digunakan untuk mendanai bisnis food and drink yang dikelola oleh anak usaha barunya PT MAP Boga Adiperkasa. Lalu sisanya sekitar RP 355 miliar rencananya digunakan untuk melunasi sebagian utang perusahaan.

Walau akan menyuntikkan dana dengan nilai cukup lumayan, namun untuk tahap awal belum tentu dia akan langsung memangku jabatan pemegang saham. Ucap Fetty, yang bersangkutan akan bisa menjadi pemegang saham jika anak usahanya PT MAP Boga Adiperkasa resmi masuk di bursa saham sekitar 4-5 tahun lagi.

“Dalam waktu 4-5 tahun ke depan waktu IPO, General Atlantic akan memiliki sekitar 29,9%,” tutupnya.

Source : kontan.co.id