Liburan ke Danau Toba di Sumatera utara, ada banyak objek wisata yang bisa dilihat. Bagi traveler pecinta sejarah, bisa mampir ke rumah Bung Karno di Parapat.

Sebagai satu dari 10 destinasi prioritas yang tengah dikembangkan oleh Badan Otoritas Pariwisata, Danau Toba memang dipersiapkan sebagai magnet wisatawan di Sumatera Utara (Sumut). Menariknya, di sekitar Danau Toba juga dapat dijumpai berbagai objek wisata sarat sejarah.

Salah satunya adalah rumah pengasingan Bung Karno yang terletak di Kota Parapat. Berada persis di tepian Danau Toba, traveler bisa napak tilas ke rumah yang menjadi saksi bisu perjuangan Soekarno saat zaman Belanda.

KONTAK PERKASA FUTURES – Beralamat persis di Jalan Istana, No 5, Pemerintah Sumut mengalih fungsikan rumah Bung Karno sebagai Mess Pemda. Sayangnya rumah tersebut telah mengalami renovasi, sehingga tidak semua bagian dan perabotnya asli seperti dahulu.

Kursi rotan di lantai dua yang masih asli.

Konon, hanya kursi rotan di lantai 2 yang merupakan furniture asli rumah tersebut. Sisanya merupakan furniture baru. Selain itu, hanya foto-foto Bung Karno, Sjahrir, dan Haji Agus Salim semasa di Parapat yang menjadi bukti sejarah bahwa tempat ini pernah menjadi tempat pengasingan pemimpin Republik Indonesia dahulu kala.

Traveler pun juga bisa naik ke lantai dua, dan memandang Danau Toba dari kejauhan. Dahulu Soekarno pun sangat menyukai pemandangan Danau Toba yang tampak dari lokasi yang sama.

Tentunya Anda tida boleh rumah pengasingan Bung Karno saat liburan ke Danau Toba. Ayo menyimak perjuangan para bapak bangsa di rumah tersebut.

Source : detik.com