KONTAK PERKASA FUTURES – Matcha latte berwarna hijau banyak digemari orang di dunia. Kini kafe di Australia ini punya racikan latte unik berwarna biru!

Keunikan warna latte berwarna memunculkan nama “Smurf Latte” untuk minuman racikan kafe vegan Matcha Mylkbar di Melbourne. Warna biru terang pada latte didapat dari penggunaan 1 sdt bubuk E3 live blue algae, lapor Mashable (13/07). Tak ada kandungan kopi didalamnya.

Tak hanya ganggang, minuman juga mengandung lemon, agave jahe, dan santan. Rasanya pun terbilang unik. Mirip susu asam dengan aroma kuat seperti rumput laut.

“Orang mengira rasaya manis seperti permen karet. Anda pastinya bisa merasakan citarasa agave dan lemon. Ini cukup manis dan agak asam. Tapi sulit untuk menjelaskan rasanya, banyak orang berpikir rasanya berbeda,” jelas pemilik kafe, Nic Davidson, kepada Mashable Australia.

Sebenarnya Smurf Latte tidak ada di menu café. Hanya ada tanda kecil di kafe tersebut yang mengindikasikan keberadaannya. Popularitas justru terjadi berkat Instagram.

Kafe mengunggah foto-foto latte yang membuat orang tertarik. “Ini gila. Selama akhir pekan kamis sudah menjual lebih dari 100 latte dan mengingat kami hanya kafe kecil dengan 40 kursi, itu sangat banyak. Bahkan kami kedatangan orang yang tidak bisa bahasa Inggris, memesan minuman hanya dengan menunjuk foto di Instagram,” lanjut Davidson.

Ganggang sendiri merupakan tanaman air tawar yang dapat dikonsumsi. Menurut Mark Filipelli yang juga merupakan pemilik kafe, ganggang diyakini menjadi sumber antioksidan.

“Ini adalah antioksidan kuat dimana konsumsi 1 gram (ganggang) tiap harinya memiliki manfaat (kesehatan) yang sangat besar,” ujar Filippelli kepada kami (13/07).

Untuk menikmati segelas latte, konsumen perlu membayar seharga AU$8 (Rp 80.000). Sebab dilaporkan harga 1 gram ganggang saja lebih dari AU$3 (Rp 30.000). Meski tak tergolong murah, Filipelli mengatakan banyak orang yang terus datang.

“Banyak orang datang dan mencoba sesuatu yang baru. Kami punya beberapa konsumen yang kembali dan menikmatinya setiap hari. Karena ini (latte) sangat cantik, ini sesuai untuk Instagram,” ucap Filipelli.

Selain Smurf Latte, Matcha Mylkbar juga punya kreasi latte unik lainnya. Seperti Beetroot Latte, Mushroom Latte, Turmeric Latte dan Apple Pie Latte. Rencananya, kafe juga akan memperkenalkan rangkaian hidangan berwarna biru. Termasuk “Papa Smurf” smoothie bowl.

Source : detik.com