KONTAK PERKASA FUTURES – Singapura punya laksa enak yang mendapat pengakuan Michelin Guide. Berada di Katong, laksa buatan 328 Katong Laksa selalu diantre pembeli.

Bersama Singapore Tourism Board (STB), detikFood (21/7) menikmati kemeriahan Singapore Food Festival (SFF) 2016. Sebelum memulai petualangan kuliner, kami singgah ke ArtScience Museum di Marina Bay Sands yang sedang jadi perbincangan hangat.

TeamLab, pemenang penghargaan dalam bidang ultra-technologist global yang berasal dari Jepang, membangun digital playground seluas 1500 meter persegi. Di sini pengunjung bisa jadi bagian dari karya seni yang dipamerkan sekaligus mendapat banyak pengetahuan.

Kami tak melewatkan mampir ke 51 East Coast Road (Joo Chiat) tempat 328 Katong Laksa berada. Restoran ini termasuk dalam 34 tempat yang mendapat kategori Bib Gourmand dari Michelin Guide Singapura. Semua berkat ragam makanan enak yang dijual dengan harga terjangkau.

328 Katong Laksa punya sajian laksa autentik Katong, Singapura. Terdapat pilihan laksa enak ukuran Small (5,35 SGD atau sekitar Rp 51.000) dan Medium (7,50 SGD atau sekitar Rp 72.000) di sini. Ada juga Otah yang jadi pelengkap laksa seharga 1.4 SGD atau sekitar Rp 13.500 per buah.

Meski ruangan restoran tak terlalu besar, 328 Katong Laksa selalu dipadati pengunjung saat jam makan siang. Mereka mengincar laksa enak autentik khas Katong, Singapura yang jadi andalan. Kuah laksa berwarna oranye muda terasa gurih ringan. Terasa gurih santan, cabai, ebi, dan ragam herba. Aroma dan rasa ebi cukup kuat dari kuah ini.

Sementara mi beras yang jadi isian laksa mulur lembut. Serasi dengan topping-nya yaitu udang, kerang dara, fish cake yang kenyal gurih, dan cincangan daun laksa. Laksa makin enak disantap bersama sambal sachet yang mirip sambal terasi dengan paduan rasa pedas dan asam kuat. Juga Otah atau otak-otak yang dibuat dari adonan ikan dan ragam herba lalu dibakar.

Berbeda dengan otak-otak di Indonesia, Otah berwarna merah oranye kekuningan karena dibuat dengan kunyit. Teksturnya lebih lembut dan terasa gurih aromatik karena dibumbui lengkuas, daun jeruk, dan ketumbar.

Restoran ini makin terkenal setelah Gordon Ramsay mengunjunginya tahun 2013. Dalam rangkaian acara SingTel Hawker Heroes Challenge, Ramsay diadu dengan pendiri 328 Katong Laksa yaitu Lucy Koh dan anaknya Ryan Koh, dalam membuat laksa terlezat.

Penilaian warga Singapura menobatkan laksa buatan 328 Katong Laksa lebih enak dibanding buatan chef asal Inggris tersebut. Persentase penilaian sebesar 59,5% untuk racikan asli dan 40,5% untuk Ramsay.

Bukti kelezatan 328 Katong Laksa juga tercermin dari Wall of Fame di restoran. Sang pemilik memajang tokoh-tokoh ternama yang pernah mencicip laksa buatannya. Seorang Michelin Guide Inspectors yang mencicip 328 Katong Laksa berkomentar, “Pergilah ke East Coast Road kalau ingin mencicip laksa terlezat di Singapura. Laksa bisa jadi pilihan utama selain nasi lemak dan Otah di sini. Tapi jangan pernah berpikir menanyakan resepnya karena rahasia keluarga. The wall of fame menunjukkan siapa saja tamu terkenal yang pernah bersantap di sini.”

Source : detik.com