Laju Pertumbuhan sektor manufaktur Inggris berada di laju paling lambat dalam 17 bulan terakhir pada bulan September karena pertumbuhan pesanan baru hampir terhenti.

Market Economics mengatakan Indeks Pembelian Manajer yang jatuh ke angka 51,6 dari angka 52,2 pada bulan Agustus lalu, terendah sejak April 2013 lalu. Indeks pesanan baru turun ke level 19-bulan terendahnya di angka 50,5, mendekati level 50 yang memisahkan ekspansi dari kontraksi. Indeks pesanan ekspor juga turun.

Markit menyalahkan melemahnya dalam permintaan luar negeri terkait “terus berlanjutnya kelesuan dari zona euro,” dan mengatakan lonjakan kinerja sektor manufaktur Inggris awal tahun ini “tampaknya telah berjalan saja.” Laporan ini menunjukkan pelemahan di beberapa bagian ekonomi di kuartal ketiga pasca ekspansi sebesar 0,9 persen dalam tiga bulan hingga Juni.

Para pejabat Bank of England (BoE) telah memecah suku bunga selama dua bulan terakhir, dengan suara minoritas menginginkan untuk menaikkan biaya pinjaman dari rekor terrendahnya sekarang di angka 0,5 persen. Risiko dari Eropa bisa memperkuat pandangan di antara mayoritas bahwa belum waktunya untuk memulai pengetatan kebijakan.

Estimasi median dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom adalah untuk indeks pabrik naik menjadi 52,7 pada September dari awalnya dilaporkan 52,5 pada bulan Agustus. Survei PMI menunjukkan bahwa inflasi keluaran-harga di pabrik-pabrik turun untuk bulan kedua pada bulan September, dengan indeks jatuh ke level 15-bulan terendahnya. Harga input turun untuk pertama kalinya dalam lima bulan terakhir. (izr)

Sumber: Bloomberg