Kontak Perkasa – Di tengah tren gaya hidup sehat ini, lapangan futsal menjadi salah satu fasilitas yang menjadi populer di kalangan kaum muda dan pebisnis. Berbagai tips bisnis bidang olahraga pun kerap menyarankan mereka yang bermodal besar untuk membuka tempat penyewaan lapangan futsal. Fasilitas ini laris di perkotaan karena berbagai hal; permainannya mirip permainan terpopuler di dunia yaitu sepak bola, bisa dimainkan kapan saja sesuai jam buka, dan bisa menjadi ajang berkumpul sesama teman.

Lapangan futsal utamanya juga digemari karena memberi kesempatan bagi para pekerja kantoran yang selalu sibuk dan tak sempat berolahraga secara teratur untuk melakukan olah fisik. Mereka bisa datang ke fasilitas lapangan futsal setelah pulang kerja atau akhir pekan yang santai, patungan untuk membayar, menyewa alat dan kemudian bermain. Sama sekali tidak repot, praktis dan mudah mengatur waktunya. Selain itu, karena menyewa, para pemain jadi tak perlu berebut. Siapa yang menyewa duluan, dialah yang berhak memakai lapangan.

Bisnis penyewaan lapangan futsal memang potensial, namun tidak semua lapangan futsal yang dikelola akan sukses, terutama jika tidak menyediakan hal-hal yang menjadi daya tarik utama tempat penyewaan lapangan futsal (selain lapangannya). Berikut adalah tips bisnis mengenai hal-hal yang harus diperhatikan agar lapangan futsal yang Anda kelola menarik banyak pengunjung.

Lokasi dan Akses ke Jalan Besar

Kebanyakan pelanggan lapangan futsal sewaan adalah kaum karyawan, pekerja dan anak sekolah yang berkumpul bersama untuk berolahraga sesuai waktu yang disepakati, jadi lapangan futsal tidak boleh berlokasi di tempat yang sulit dicari dengan akses yang kurang strategis. Apalagi pasti banyak di antara pelanggan lapangan futsal yang mengendarai mobil; mereka tentu tak akan menyukai lapangan futsal dengan jalan masuk yang tak bisa dilalui mobil.

Fasilitas Penyewaan Alat dan Pendukung Memadai

Kebanyakan penyewa lapangan futsal tak begitu suka repot; mereka lebih suka datang hanya dengan membawa baju dan sepatu serta menyewa perlengkapannya di tempat bermain futsal. Karena itu, pastikan stok perlengkapan yang disediakan memadai dan selalu diperbaharui serta dirawat. Pastikan juga bahwa fasilitas pendukung seperti kamar mandi, tempat cuci tangan, loker dan tempat parkir memadai serta berfungsi dengan baik.

Tambahan Fasilitas yang Bermanfaat

Lapangan futsal bisa menarik lebih banyak orang jika memiliki kantin, warung kecil dan kios yang menjual minuman serta makanan ringan. Selain lebih lengkap, penyediaan fasilitas tambahan seperti ini adalah tips bisnis untuk menarik lebih banyak pelanggan. Para penyewa lapangan futsal mungkin datang dengan teman atau keluarga yang tak bermain futsal, jadi mereka bisa menunggu di warung atau kafe sambil makan dan minum.

Ada pula pengelola lapangan futsal yang menyediakan fasilitas tambahan berupa tempat penyewaan game dan ruang karaoke, sehingga mereka yang datang tak hanya sekedar bermain futsal. Akan tetapi, tetap saja, fasilitas tambahan ini sebaiknya tidak mendominasi fungsi utama yaitu pengelolaan lapangan futsal.

Sistem Pendataan yang Baik

Akhirnya, jangan lupa berinvestasi pada sistem pendataan yang berkualitas, baik itu pendataan penyewaan lapangan, pendataan data penyewa, peminjaman alat, pembelian makanan dan minuman dan sebagainya. Anda bisa mengeluarkan modal untuk membeli perangkat lunak pendataan yang akan membantu pencatatan semua transaksi. Pendataan dan pencatatan yang rapi adalah tips bisnis utama untuk melacak kinerja bisnis serta mendeteksi jika ada sesuatu yang tak benar. Dengan memerhatikan semua ini, bisnis penyewaan lapangan futsal benar-benar bisa menjadi bisnis yang potensial dan cepat balik modal.