Kontak Perkasa –

Untuk meraih tujuan utama perusahaan yaitu kemajuan perusahaan, dibutuhkan kerjasama tim yang baik dalam semua unit kerja dan departemen yang mempunyai fungsi spesifik masing-masing. Seluruh unsur dalam perusahaan tersebut harus mampu berkoordinasi dan bekerja bahu-membahu dalam persepsi yang searah untuk mengejar tujuan yang sama tersebut.

 

Hal ini tentu bukan merupakan hal yang mudah karena yang menentukan kesuksesan dalam tim bukanlah kualitas individu, tiap anggota tim melainkan kemampuan mereka untuk menyumbangkan kompentensinya semaksimal mungkin bagi perusahaan dalam koridor kerjasama tim. Untuk itu diperlukan keikhlasan dan niat untuk menyingkirkan ego dan keinginan pribadi demi tercapainya tujuan dalam tim.

Diperlukan pengendalian diri dari setiap anggota tim untuk bisa terlibat dalam kerjasama yang berkualitas, oleh karena itu ada beberapa kualifikasi yang harus dimiliki anggota tim untuk membentuk tim kerja yang solid.

  • Mampu membuat perencanaan

Perencanaan dan konsep selalu dibutuhkan sebagai peta untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Walaupun bekerja dalam tim, anggota tim seharusnya cakap membuat perencanaan yang meliputi bidang kerja dan paparan tugasnya juga cara-cara terbaik dan tercepat untuk melaksanakan tugas tersebut. Perencanaan juga dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan kualitas kerja karena seseorang telah mengetahui target yang harus ia capai.

  • Mampu merealisasikan rencana

Selain mampu membuat konsep untuk meraih tujuan, anggota tim yang baik juga harus melakukan tindak lanjut untuk merealisasikan rencana yang telah dibuatnya. Informasi yang diperoleh dari konsep tersebut akan digunakan untuk bekerja dengan aktif demi mencapai tujuan.

  • Mampu melayani

Anggota tim dengan empati yang besar dan peka dalam pelayanan baik kepada klien atau sesama anggota timnya akan lebih mampu untuk bekerjasama. Hal ini dikarenakan, ia mempunyai keterampilan untuk memahami orang lain berikut perilakunya sehingga mampu mencari solusi atas masalah yang terjadi.

  • Mampu bersikap sebagai pemimpin

Sikap kepemimpinan tidak hanya diharapkan ada pada pemimpin tim tetapi pada seluruh anggota tim karena sebenarnya kedudukan semua komponen dalam tim adalah setara dan bukan mustahil jika terjadi pembagian peran kepemimpinan antar anggota tim. Karakteristik yang termasuk dalam sikap kepemimpinan adalah mampu memotivasi, bertanggung jawab, dan terampil dalam mengembangkan hubungan.

  • Mampu mengelola

Antar anggota tim harus saling menularkan energi positif dan mengembangkan potensi orang lain agar kerjasama tim dapat berjalan sukses. Dalam tim, dibutuhkan sikap saling mengarahkan terutama bagi para anggota yang berada pada bidang kerja yang sama agar kesuksesan bersama dapat diraih. Kemampuan bekerja sama dengan kelompok dengan cara meningkatkan toleransi antar individu juga merupakan hal yang sangat pokok dalam tim.

  • Mampu berpikir

Anggota tim yang baik harus mempunyai kemampuan berpikir analitis untuk dapat membuat diagnosa pada berbagai kasus, konseptual untuk merencanakan cara mencapai tujuan atau solusi untuk mengatasi masalah, dan kemampuan profesional sesuai keahliannya untuk berkontribusi sesuai kompetensi pribadinya.

  • Mampu bersikap dewasa

Yang menyebabkan suksesnya kerjasama tim adalah bila semua anggota tim berorientasi pada visi tim tanpa berusaha mengejar penghargaan individu. Untuk itu diperlukan kemampuan untuk bersikap dewasa, keikhlasan, mengendalikan diri, dan komitmen pada tim untuk bekerja semaksimal mungkin demi mencapai tujuan bersama yang lebih besar.

Demikianlah kualifikasi yang dibutuhkan pada individu seluruh anggota tim demi kesuksesan teamwork dalam perusahaan. Dengan seluruh kualifikasi ini maka kinerja tim akan berjalan lebih lancar, konflik dapat diminimalkan, dan kerjasama tim akan mencapai kesuksesan, yang dapat dilihat dari tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

 – Kontak Perkasa