Anak-anak suka rasa manis. Karena doyan makan, tanpa disadari asupan gulanya bertambah. Banyak konsumsi gula anak juga berisiko alami obesitas.

Menurut American Heart Association, anak-anak dengan usia 2-18 tahun tidak boleh mengonsumsi lebih dari 25 gram gula tambahan perhari atau 6 sendok teh (100 Kkal).

Dilansir dalam MNN (23/08), Monica Griffin, spesialis program dan dietitian di Children’s Healthcare dari Atlanta ada beberapa manfaat yang didapatkan dari pembatasan konsumsi gula tambahan pada anak.

1. Mengembangkan rasa untuk makanan sehat
Anak-anak mengembangkan preferensi selera makan ketika usia dini. Ketika sering diberikan makanan tinggi gula, maka mereka akan terbiasa degan rasa itu. Sehingga akan menjadi sulit dikemudian hari untuk memilih makanan yang tidak manis. Membatasi asupan makanan manis sejak dini, dapat membantu kembangkan pola makan sehat pada si kecil.

2. Meningkatkan kesehatan gigi
Makanan dan minuman manis bisa berefek negatif pada kesehatan gigi anak. Gula juga disebut-sebut sebagai ‘makanan’ bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi.

3. Tingkatkan kinerja anak
Griffin mengatakan diet sehat sangat penting untuk membantu kinerja anak-anak. Ketika anak-anak sering konsumsi makanan manis anak-anak sering melewatkan makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.

4. Cegah obesitas
Mengonsumsi banyak gula tambahan dapat menyebabkan obesitas dan kelebihan berat badan nantinya dapat sebabkan obesitas. Gula memiliki efek terhadap peningkatan kadar gliserida, jenis tertentu dari lemak lipid yang ditemukan dalam darah. Kadar trigliserida yang tinggi sangat terkait dengan penyakit jantung. Obesitas juga dikaitkan dengan penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan masalah tidur. Membatasi asupan gula sejak dini dapat membantu cegah berbagai penyakit ini.

5. Cegah cepat lapar
Seringnya konsumsi makanan tinggi gula dapat menyebabkan perut keroncongan lebih cepat daripada makanan yang memiliki gizi baik. Makanan kurang gizi biasanya rendah serat sehingga lebih mudah timbulkan lapar.

Griffin juga memiliki beberapa tips bagi para orang tua untuk memudahkan kurangi asupan gula anak.

KONTAK PERKASA FUTURES – Mulailah perlahan, pertama kurangi konsumsi minuman manis. Jika anak minum empat cangkir minuman manis sehari, kurangi jadi tiga cangkir setiap hari selama seminggu. Dan jika sudah terbiasa berikan hanya satu cangkir saja.

Selain itu berikan lebih banyak buah-buahan yang diolah dalam bentuk potongan ataupun smoothies. Atau sajikan puding cokelat dengan topping buah-buahan segar.

Source : detik.com