PT KONTAK PERKASA FUTURES BANDUNG – Bursa Asia dibuka mixed atau beragam pada transaksi awal pekan ini (3/10). Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, pada pukul 09.20 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,3%.

Berdasarkan data CNBC, pagi ini, indeks ASX 200 Australia naik 0,86%. Kenaikan indeks ASX disokong oleh sektor energi yang melaju 1,25% dan sektor finansial yang naik 1,22%.

Di Jepang, indeks Nikkei dibuka dengan kenaikan 0,85%. Investor mengamati survei sentimen bisnis yang dilakukan oleh Bank of Japan di mana hasilnya menunjukkan senimen manufaktur besar masih tetap alias tidak mengalami perubahan dari kuartal sebelumnya.

Sedangkan di Korea Selatan, indeks Kospi malah merosot 1,21%. Sedangkan pasar saham China, Malaysia, dan Hong Kong tak beroperasi karena libur nasional.

Pada transaksi perdagangan hari ini, pelaku pasar masih akan mengamati perkembangan terbaru mengenai kemungkinan kesepakatan antara Deutsche Bank dengan Departemen Kehakiman Amerika AS.

Asal tahu saja, Deutsche Bank tengah menghadapi tuntutan Pemerintah Amerika Serikat sehubungan dengan kesalahan penjualan aset beragun sebelum krisis keuangan tahun 2008. Akibatnya Deutsche Bank harus membayar denda US$ 14 miliar.

Prospek bahwa Deutsche Bank tidak memiliki dana yang cukup untuk membawayr denda mengguncang pasar saham global pekan lalu.

Di sisi lain, saham bank asal Jerman yang tercatat di bursa AS ini melonjak 14% pada penutupan Jumat (30/9) lalu.

Source : kontan.co.id