KONTAK PERKASA FUTURES – Emiten Rokok. Kapitalisasi pasar dari empat perusahaan rokok yang sahamnya tercatat pada PT Bursa Efek Indonesia mencapai Rp614,39 triliun.

Sampai perdagangan saham hari Senin (22/8/2016), kapitalisasi pasar saham para perusahaan rokok bahkan mencapai dominasi di Indonesia. Kapitalisasi pasar yang terbesar digenggam oleh emiten rokok dari PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. (HMSP) senilai Rp467,59 triliun.

Untuk diketahui sebagai informasi, besar dan pertumbuhan dari suatu kapitalisasi pasar perusahaan acapkali adalah pengukuran penting dari suatu keberhasilan atau kegagalan perusahaan terbuka.

Kapitalisasi pasar dihitung dengan mengalikan jumlah saham perusahaan tersebut dengan harga sekarang dari saham tersebut. Kapitalisasi pasar keempat emiten rokok itu memberikan kontribusi 10,51% dari total kapitalisasi pasar (maket capitalization) saham di BEI Rp5.844 triliun.

Keempat perusahaan rokok tersebut adalah pertama PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. (HMSP), kedua PT Gudang Garam Tbk. (GGRM), ketiga PT Bentoel Internasional Investama Tbk. (RMBA), dan terakhir PT Wismilak Inti Makmur Tbk. (WIIM).

Kapitalisasi pasar dari keempat emiten itu mencapai Rp614,39 Triliun. Masing-masing adalah HMSP Rp467,59 triliun, GGRM Rp129,23 triliun, RMBA Rp16,74 triliun, WIIM Rp831,55 miliar.

Dua emiten rokok bahkan tercatat berada pada tempat 10 besar market cap raksasa Tanah Air. HMSP berada pada urutan puncak yang menguasai 8%, sementara itu GGRM berada di urutan ke-8 yang mewakili 2,2% terhadap total kapitalisasi pasar.

Source : bisnis.com