Banyak pelaku diet menghindari konsumsi daging merah karena takut gemuk. Padahal protein berperan penting untuk turunkan berat badan.

Dalam acara peluncuran daging McPhee (24/8)ahli gizi Victoria Djajadi menyoroti mitos keliru seputar konsumsi daging merah. Menurutnya daging merah kerap disingkirkan dari menu diet atau pola makan harian seseorang karena sebabkan kegemukan.

“Penting diketahui bahwa diet yang baik dan seimbang tidak pernah mengecualikan kelompok makanan tertentu termasuk daging merah. Semuanya well dan balanced,” jelas Victoria.

Menurutnya daging merah terutama daging sapi rendah lemak bisa bantu turunkan berat badan. Victoria menuturkan, “Prinsip penurunan berat badan adalah kalori yang masuk harus lebih sedikit dibanding yang keluar. Dengan mengonsumsi daging, tubuh membakar kalori karena protein dalam daging meningkatkan metabolisme dan menahan rasa lapar.”

KONTAK PERKASA FUTURES – Ia menambahkan, “Protein lebih mengenyangkan dibanding karbohidrat dan lemak. Artinya, setelah kita makan seporsi steak, kita bisa menahan lapar lebih lama dibanding jika kita makan sepiring nasi putih.”

Sebaiknya rutin konsumsi daging merah khususnya daging sapi selama 3-4 kali seminggu. Asam amino didalam protein hewani lebih mirip dengan jaringan tubuh manusia sehingga lebih mudah dicerna.

“Kalau makan daging utuh, ukuran yang direkomendasikan adalah sebesar dan setebal telapak tangan Anda masing-masing. Kira-kira sekitar 100-140 gram. Kalau dagingnya sudah dipotong atau dicincang, sebaiknya penuhi 1/4 piring dimana 1/4 nya lagi adalah sumber karbohidrat dan 1/2 nya adalah sayuran,” jelas Victoria.

Mengenai pemilihan daging merah khususnya daging sapi, sebaiknya pilih yang rendah atau tanpa lemak dan berkualitas. Seperti empuk alami, juicy, bebas dari penyakit hewan, dan halal.

“Kalau tak ada pilihan daging bebas lemak, gunakan daging merah biasa tapi buang bagian lemaknya yang berwarna putih,” tambah Victoria.

Pada akhir presentasinya, wanita ramah ini menekankan diet tinggi protein perlu digabungkan dengan konsumsi makanan tinggi serat agar rasa kenyang lebih lama. “Imbangi juga dengan cukup olahraga. Perlu diingat, daging merah merupakan bagian dari pola gizi seimbang,” pungkas Victoria.

Source : detik.com