KONTAK PERKASA FUTURES – Astra International menjelaskan bila penjualan mobil Toyota dan Daihatsu selama bulan Mei 2016 terjadi kenaikan sebesar 3,8% dibanding pada bulan April 2016.

“Penjualan hingga Mei, year on year turun, angka sementaranya sudah ada. sedangkan month on month lebih baik, naik sekitar 3,8%, baik Toyota dan juga Daihatsu naik,” ucap Investor Relation Astra International, Tira Ardianti, saat ditemui di The Terrace, Jakarta, Senin (13/6/2016).

Naiknya penjualan mobil tersebut adalah dampak dari bertambahnya permintaan menjelang lebaran yang selalu terjadi setiap tahun.

“Lebaran datang di awal Juli, dan penjualan sebulan sebelumnya biasanya meningkat, belanja untuk lebaran. Dampak karena lebaran itu ada,” jelasnya.

Di sisi lain, penjualan motor malah mengalami penurunan, hal tersebut terjadi di daerah-daerah penghasil komoditas seperti batu bara, CPO, karet, dan lain-lain. Turunnya harga komoditas menyebabkan daya beli masyarakat di daerah penghasil komoditas melemah.

“Kalau motor justru turun, apalagi di daerah-daerah yang perekonomiannya berhubungan dengan komoditi,” kata Tira.
Pada kondisi rendahnya harga komoditas tersebut, permintaan otomotif akan menurun. Kebutuhan-kebutuhan yang lebih utama seperti makanan, pendidikan, dan lain-lain pasti lebih didahulukan.

Tira mengharapkan kondisi perekonomian nasional bisa segera membaik supaya penjualan mobil dan motor kembali naik.

“Motor penetrasinya juga sudah tinggi, dalam kondisi ekonomi seperti ini tentunya orang akan memprioritaskan pengeluaran pada hal-hal yang basic dulu. Ke depan seperti apa masih tanda tanya buat kita, mudah-mudahan ekonomi membaik,” tutupnya.

Source : detik.com