KontakPerkasa Futures – Saham-saham Jepang menguat, dengan produsen ban mendorong indeks Topix menuju gain untuk hari ketiga, menjelang keputusan kebijakan Bank of Japan dan pasca yen melemah di tengah spekulasi Yunani yang akan menyelesaikan kebuntuan dengan kreditur.

Saham Nissan Motor Co. naik 1,7% karena melemahnya yen mendorong prospek pendapatan ekspor. Saham Asahi Glass Co. menambahkan 2,4% setelah Nomura Holdings Inc menaikkan rating pada saham perusahaan tersebut. Tiremaker Bridgestone Corp naik sebesar 3,3% setelah menaikkan perkiraan dividen. Sementara saham Electric Power Development Co, juga dikenal sebagai J-Power, turun 10% setelah mengatakan akan menjual sebanyak $ 1,1 miliar saham.

Indeks Topix naik 1,2% menjadi 1,480.04 pada istirahat perdagangan di Tokyo, setelah penutupan kemarin di level tertinggi sejak Desember 2007. Semua kecuali empat dari 33 kelompok industri yang naik. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1% menjadi 18,158.96. Yen diperdagangkan di level 119,19 per dolar setelah melemah 0,7% kemarin.(frk)

Sumber : Bloomberg