Infrastruktur Belum Bisa Penuhi Kebutuhan Pemudik

KONTAK PERKASA FUTURES – Darmin Nasution, Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, menjelaskan infrastruktur sekarang belum mampu mendukung arus mudik. Darmin merujuk ke kemacetan parah yang terdapat di sejumlah jalur mudik di daerah Pulau Jawa.

“Belum memenuhi agar arus orang itu pada mudik serta balik lagi tidak macet. Belum menjawab itu,” kata Darmin dalam acara open house Lebaran di kediamannya, Jalan Widya Chandra IV, Jakarta (7/7/2016).

Darmin mencontohkan, kemacetan di Brebes terjadi sebab tol Trans Jawa belum seluruhnya tersambung.

“Kita punya tol, namun tol belum sambung jadi kejadian di tol Brebes itu, masuk dulu ke arah jalan biasa, ketemu dua arus besar, ya kena,” jelasnya.

Walau begitu, proses pembangunan infrastruktur daerah Jawa khususnya di jalur mudik, terus berlanjut. Misalnya, tol trans Jawa yang proses pembangunannya tetap berlangsung di sejumlah kawasan.

Darmin menambahkan, tol trans Jawa adalah proyek warisan yang saat ini dipercepat penyelesaiannya.

“Semua sudah mulai dibangun beberapa ruas, hanya saja belum sambung. Ini kan warisan lama yang dibagi-bagi sejak zaman orde baru. Dibagi-bagi konsesinya. Kalau orang optimistis bilang ini akan selesai,” tutur Darmin.

Source : detik.com