Indeks saham berjangka Eropa stagnan, pasca ekuitas turun pada hari kedua, jelang rilis data yang mungkin menunjukkan kepercayaan bisnis Jerman turun ke level terendah dalam 16-bulan terakhir.  Sementara Indeks berjangka AS dan saham Asia juga stagnan.

Kontrak berjangka pada indeks Euro Stoxx 50 yang berakhir pada bulan Desember naik  sebesar 0,1 persen ke level 3.197 pukul 07:13 pagi di London. Kontrak pada Indeks FTSE 100 Inggris turun sebesar 0,2 persen. Indeks berjangka Standard & Poor 500 naik sebesar 0,1 persen, sedangkan Indeks MSCI Asia Pacific naik kurang dari 0,1 persen.

Indeks Stoxx Europe 600 turun sebesar 1,4 persen kemarin, merupakan penurunan terbesar dalam 11 pekan terakhir, karena saham kesehatan turun di tengah tindakan tegas pemerintah AS terhadap penggabungan penghematan pajak dan terkait konflik Timur Tengah yang semakin meningkat. Sementara itu sekitar $ 873.miliar telah dihapus dari nilai ekuitas global dalam dua hari terakhir.

Data hari ini mungkin menunjukkan kepercayaan bisnis Jerman turun untuk bulan kelima, menurut prediksi para ekonom. Indeks bisnis lembaga Ifo, berdasarkan survei terhadap 7.000 eksekutif, mungkin turun ke level 105.8 di bulan September ini dibandingkan level 106.3 pada bulan Agustus kemarin, menurut proyeksi rata-rata yang dikumpulkan oleh Bloomberg News. (vck)

Sumber: Bloomberg