Dengan berkembangnya jaman, semakin banyak sekali lahan kosong yang hilang tergantikan oleh bangunan-bangunan yang dibuat oleh manusia. Mereka tak sadar bahwa lahan-lahan kosong itu akan sangat dibutuhkan di masa depan nanti. Dengan semakin berkurangnya lahan kosong maka semakin berkurang juga lahan untuk bercocok tanam. Nah kini ada metode tanam yang sebenarnya sudah ada dari dulu tapi sedang ngetren di tahun 2014 ini yaitu Hidroponik.

Hidroponik sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu hydro yang berarti air. Sesuai dengan namanya, metode ini mengunakan air sebagai bahan utamanya. Tapi bukan hanya air karena kita juga harus menggunakan unsur yang lain seperti pasir, pecahan batu bata, sabut kelapa, pakis, kerikil dsb sebagai media tanamnya. Namun cara bertanam seperti ini tidak mudah seperti bertanam menggunakan tanah, harus memakai teknik khusus dan tentunya jenis-jenis tanaman yang cocok.

Metode ini biasanya diterapkan menggunakan pipa paralon yang dilubangi untuk tanamannya, didalamnya di isi dengan media tanam yang KPF sebutkan tadi dan dialiri dengan air. Banyak sekali yang menggunakan metode ini dei belakang rumah atau pekarangannya, karena ini bisa menghemat pengeluaran untuk makanan karena kita bisa memakan sayur yang kita tanam sendiri. Dengan metode ini kita bisa menjadi mandiri, dan tentunya kualitas sayuran yang kita makan adalah kualitas yang kita ketahui sendiri berbeda dengan kualitas bahan makanan di pasar yang belum tentu sehat. Nah gimana Sobat Kontak?! ada yang ingin mencobanya dirumah?! Kalau begitu Good Luck for trying^^