Masih ingat dengan penawaran BBM for PC di bulan Desember 2013? Dimana Anda akan dipancing untuk menginstal apps dengan iming-iming bisa BBM-an melalui komputer.

Namun alih-alih mendapatkan BBM for PC, tidak kalah dengan caleg abal-abal yang sedang berkampanye, Anda malah mendapatkan ‘janji palsu’. Dimana Anda akan dibombardir dengan iklan yang memberikan keuntungan bagi pembuat aplikasi ini.

Di tahun 2014 ini, popularitas BBM rupanya tidak kalah dengan Jokowi dan kembali diusung menjadi tema untuk mengelabui korbannya menjalankan autolike. Nah jika berhasil, alih-alih memberikan Anda BBM for Facebook, yang ada malah akan membuat malu dengan memberikan mention pada seluruh kontak dan mempromosikan penawaran BBM for Facebook yang sebenarnya tidak ada.

Bedanya dengan trik lama yang mengelabui korbannya untuk menjalankan apps (aplikasi Facebook), kali ini trik yang digunakan adalah menggiring calon korbannya untuk menjalankan script pada browsernya (terutama Firefox dan Chrome) dengan sedikit ‘bumbu-bumbu penyedap’ seperti mengubah wallpaper Facebook Anda dan memainkan lagu MP3.

Namun tujuan akhirnya tetap menyebarkan informasi tentang fasilitas palsu ini sebanyak mungkin dengan melakukan auto mention dan melakukan like dan follow tanpa persetujuan Anda.

Yang menarik, menurut pantauan lab Vaksincom, autolike yang dilakukan pada beberapa kesempatan juga dimanfaatkan untuk meningkatkan like pada page artis, perusahaan dan kampanye presiden.

Sumber : detik.com