PT KONTAK PERKASA – Harga minyak mentah dunia memanas pagi ini. Mengutip Bloomberg, harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Januari 2017 di bursa Nymex pukul 7:24 WIB menunjukkan US$ 51,02 per barel.

Harga minyak terus menguat disinyalir setelah negara-negara penghasil minyak yang tergabung dalam Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC) melanjutkan untuk memangkas produksi minyak, yang telah disetujui pekan lalu pada pertemuan di Wina, 30 November 2016..

Seperti dikutip dari Reuters, sebuah perusahaan konsultan energi PIRA Group mengatakan, Kamis (8/12), Arab telah mengumumkan pada pembelinya mengenai pemangkasan pasokan Januari mendatang. Langkah ini untuk mematuhi kesepakatan OPEC.

Pemangkasan pasokan tersebut akan berbeda-beda pada setiap pembeli. Tapi, menurut PIRA, pengurangan pasokan untuk pembeli di Amerika Utara akan lebih besar karena margin penjualannya lebih rendah.

Negara-negara OPEC masih akan bertemu dengan produsen minyak non-OPEC besok (10/12) di Wina. OPEC berharap 13 negara produsen minyak di luar blok tersebut akan memperbesar pemangkasan 600.000 barel per hari, sehingga pemangkasan total di negara-negara pengekspor minyak menjadi 1,2 juta barel per hari di awal Januari mendatang.