PT KONTAK PERKASA FUTURES BANDUNG – Harga minyak dunia berhasil naik semalam, Kamis (28/10). Asal tahu saja, data CNBC menunjukkan, harga minyak Brent naik 47 sen atau 0,9% menjadi US$ 50,45 per barel pada pukul 14.35 waktu New York, setelah tertekan selama tiga hari beruntun.

Sedangkan harga minyak West Texas Intermediate (WTI) naik 54 sen atau 1,1% menjadi US$ 49,72 per barel.

Kenaikan harga minyak didorong oleh adanya laporan penurunan cadangan minyak AS yang berada di Cushing, Oklahoma. Di sisi lain, kenaikan harga minyak terbatas terkait komitmen anggota OPEC dan negara-negara produsen minyak lain untuk memangkas produksi.

Seorang sumber CNBC mengatakan, menteri energi Arab Saudi dan kawasan Teluk mengungkapkan kepada Rusia pada pekan ini bahwa meeka bersedia memangkas produksi minyak mereka sebesar 4%.

“Sentimen ini sepertinya menjadi alasan di balik pergerakan harga minya. Pertanyaannya adalah, bagaimana mereka akan menangani Iraq,” jelas Carsten Fritsch, analis Commerzbank.

Pada Minggu (23/10) lalu, Irak meminta pengecualian atas rencana tersebut.

Negara-negara OPEC diprediksi akan menggelar pertemuan teknikal pada Jumat dengan satu perwakilan dari negara non-OPEC esok hari (29/10).

Source : kontan.co.id