PT KONTAK PERKASA FUTURES – Harga emas melanjutkan penurunan kemarin meski masih berada di sekitar level tinggi. Kamis (18/10) pukul 7.47 WIB, harga emas untuk pengiriman Desember 2018 di Commodity Exchange berada di US$ 1.225,80 per ons troi.

Harga untuk emas ini turun 0,13% jika dibandingkan dengan harga penutupan kemarin pada US$ 1.227,40 per ons troi. Dalam dua hari, mengakumulasi penurunan 0,42%.

Penurunan harga dari emas ini terjadi di tengah penguatan nilai tukar dollar AS. Indeks dollar menguat tajam dalam dua hari terakhir meski masih berada di bawah level 96.

“Catatan rapat The Fed yang memberi sinyal kenaikan suku bunga lagi menjadi pemberat harga emas,” kata Bob Haberkorn, senior market strategist RJO Futures kepada Reuters.

Haberkorn menambahkan, emas bersaing dengan imbal hasil tinggi yang ditawarkan US Treasury dan ini akan berlanjut. Seluruh anggota Federal Open Market Committe menyetujui kenaikan suku bunga pekan lalu.

Ini adalah kenaikan suku bunga acuan ketiga tahun ini. The Fed diperkirakan akan menaikkan lagi suku bunga acuan pada Desember mendatang.

Koreksi harga emas dari level tertinggi dipicu kenaikan pasar saham

Harga untuk emas ini terkoreksi tipis setelah kemarin menyentuh level tertinggi sejak akhir Juli 2018. Rabu (17/10) pukul 8.01 WIB, harga emas untuk pengiriman Desember 2018 di Commodity Exchange turun 0,17% ke US$ 1.228,80 per ons troi.

Kemarin, harga dari emas ditutup naik tipis 0,06% ke US$ 1.231 per ons troi yang merupakan harga tertinggi emas sejak akhir Juli.

Pelemahan nilai tukar dollar Amerika Serikat (AS) yang terjadi kemarin menjadi penyulut utama kenaikan harga emas ke level tertinggi dalam 2,5 bulan. “Harga emas ditopang oleh dollar yang melemah. Tapi, pasar saham yang didukung oleh kinerja akan menghilangkan alasan rally emas selanjutnya,” kata Edward Meir, analis INTL FC Stone kepada Reuters.

Beberapa analis melihat, kenaikan harga dari emas belakangan ini bisa menunjukkan pelepasan posisi bearish setelah spekulator sebelumnya memasan posisi short.

Source : kontan.co.id