PT KONTAK PERKASA FUTURES – Tak hanya mencapai level tertinggi akhir Januari lalu, hari ini harga emas kembali melanjutkan penguatan pada perdagangan dunia. Sentimen positif dari perang dagang dan dollar yang menjadi safe haven jadi indikasi penguatan harga emas spot.

Mengutip Bloomberg, Pukul 18.57 WIB harga untuk emas spot di perdagangan dunia berada di level US$ 1,313 per ons troi. Angka ini naik 0,38% dari hari kemarin US$ 1,308 per ons troi. Sementara sepekan, harga emas spot malah turun 0,15%.

Analis Senior Global Artha Futures Adnan Chaniago mengatakan, penguatan harga untuk emas spot hari ini di perdagangan karena perang dagang. Sebelumnya penasihat Gedung Putih Kevin Hasset menyatakan bahwa akan ada pertemuan kembali antara Presiden Trump dan Presiden Xi Jinping untuk membahas perang dagang.

“Sebelumnya melemah karena kicauan Presiden Trump yang menunda bertemu dengan Xi Jinping. Lalu situasi Eropa dengan ketidakpastian Brexit juga membuat emas dilirik sebagai asset safe haven,” ungkap Adnan kepada Kontan.co.id, Selasa (12/2).

Di samping itu, Adnan bilang, kesepakatan kongres di Amerika Serikat, yaitu dari partai Demokrat jadi sentimen positif harga emas spot. Sebelumnya, Presiden Trump memberlakukan penutupan kegiatan Pemerintahan di AS karena anggaran perbatasan Meksiko dan AS ditolak.

“Bisa dibilang dollar menjadi safe haven, karena anggaran disetujui oleh partai demokrat. Tetapi belum jelas juga sepakatnya berapa dan detailnya. Tetapi ini sentimen positif untuk mengangkat dollar serta emas juga,” tandasnya.

Adnan menambahkan, jika perang dagang mencapai kesepakatan, kemudian diikuti persetujuan proposal Brexit, dan dovish-nya kebijakan The Fed, maka harga emas mampu menembus level US$ 1,296 sampai US$ 1,325 per ons troi.

Untuk besok, Adnan memperkirakan harga untuk emas spot bergerak di rentang US$ 1,288 sampai US$ 1,300 per ons troi. Sementara sepekan harga mencapai US$ 1,297 sampai US$ 1,319 per ons troi.

“Wajar saja kalau setelah Imlek harga untuk emas spot turun. Karena tren pelemahan ekonomi global. Bulan Maret mendatang harga emas spot kembali naik lagi,” imbuh Adnan.

Secara teknikal, Adnan melihat harga untuk emas spot berada di atas garis MA 26,50,100 dan 200. Sementara indikator stochastic naik di area 20, RSI masih dalam area wait and see. Dari seluruh indikator ada potensi penguatan untuk harga emas spot. Ia pun merekomendasikan beli.

Source : kontan.co.id