Harga Emas terus menurun ke titik terendah dalam tiga pekan pada Rabu malam (20/7). Dipicu dari ekuitas yang lebih tinggi serta penguatan dolar AS.

KONTAK PERKASA FUTURES – Divisi Comex New York Merchantile Exchange, spot harga emas melemah sebesar 1% ke level $1,316.75 per ons. Sedangkan dari mata uang dolar AS yang mengalami kenaikan 0,1% terhadap mata uang utama lainnya dipicu oleh data yang menampilkan US perumahan mulai naik lebih dari yang diharapkan pada bulan Juni, yang menjadikan dasar tema kekuatan ekonomi AS.

Harga emas yang telah meningkat 25% tahun ini, sangat sensitif terhadap naik turunnya suku bunga. Dana Moneter Internasional, yang memotong perkiraan pertumbuhan global untuk dua tahun ke depan pada hari Selasa, mengambil dari ketidakpastian atas keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Bullion mendapatkan $100 dalam dua pekan sesudah suara Brexit, sebagai penanam modal khawatir mulai menanamkan uang mereka ke dalam aset berlindung yang aman, sebelum jatuh kembali. Pada perdagangan Comex yang lain, spot perak melemah -2.51% ke level $19.506 per ons, sedangkan tembaga juga melemah -1.065 menjadi $2.240 troy pound.

Source : financeroll.co.id