PT KP PRESS – Harga emas naik, karena AS tetap pertahankan tarif China pasca kesepakatan dagang. Harga emas kembali menguat pada perdagangan Kamis (16/1). Kamis (16/1) pukul 07.46 WIB, harga emas untuk pengiriman Februari 2020 di Commodity Exchange ada di US$ 1.557,10 per ons troi, naik 0,19% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 1.554 per ons troi.

KONTAK PERKASA FUTURES – Sementara itu, harga emas spot ada di US$ 1.557,04 per ons troi, naik 0,05% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 1.556,25 per ons troi.

PT KONTAK PERKASA – Harga emas naik terkerek lantaran Amerika Serikat tetap mempertahankan tarif pada beberapa barang asal China pasca kesepakatan perdagangan.

PT KONTAK PERKASA FUTURES – “Ada harapan bahwa kekhawatiran perdagangan akan terus berkepanjangan karena kita tidak akan melihat penurunan total pada tarif,” kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA seperti dikutip Reuters.

“Risiko akan menopang harga emas dalam jangka pendek dan kemungkinan kita akan melihat harga ke arah US$ 1.580 per ons troi dalam beberapa minggu ke depan.”

Emas kembali berkilau berkat Mnuchin

Pernyataan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin yang menyebut tarif masuk barang-barang China akan tetap diberlakukan berhasil membuat harga emas berbalik arah.

Mengutip Bloomberg, Rabu (15/1) pukul 10.00 WIB, harga emas spot berhasil menguat 0,38% ke US$ 1.552,27 per ons troi.

Sebelumnya kilau emas pudar terkait rencana penandatanganan kesepakatan dagang fase pertama hari ini. Namun, pernyataan Mnuchin membuat investor berspekulasi bahwa pengenaan tarif miliar dolar atas barang-barang asal Negeri Tirai Bambu ini tetap berlaku paling tidak hingga pemilihan presiden di AS rampung.

Pelaku pasar yang sebelumnya meninggalkan aset lindung nilai atawa safe haven seperti emas mulai berlomba-lomba untuk kembali. Alhasil, harga si kuning kembali menguat, usai pelemahan selama dua hari berturut-turut.

Selain emas, harga paladium juga kembali cetak rekor. Paladium, komoditas logam mulia paling moncer di 2019 lalu, kembali berada di level tertingginya sepanjang masa setelah berada di US$ 2.135,10 per ons troi pada Rabu (15/1) pukul 10.00 WIB.

Source : kontan.co.id