KONTAK PERKASA FUTURES – Harga emas menyentuh level terendah dalam 2,5 pekan. Rabu (28/2) pukul 7.40 WIB, harga emas untuk pengiriman April 2018 di Commodity Exchange turun 0,05% dari level penutupan kemarin menjadi US$ 1.317,90 per ons troi.

Harga emas kembali bergerak di sekitar US$ 1.310 per ons troi kemarin setelah pidato Gubernur Federal Reserve Jerome Powell. Orang nomor satu di bank sentral AS ini menyebut, The Fed akan melanjutkan kenaikan suku bunga secara bertahap.

Pernyataan Powell menguatkan nilai tukar dollar dan menekan harga emas. “Pernyataan Powell cenderung netral soal kenaikan suku bunga,” kata Bob Haberkorn, senior commodities strategist RJO Futures kepada Reuters.

Haberkorn mengatakan, kenaikan suku bunga tiga hingga empat kali sudah masuk dalam perhitungan pasar. Tapi, beberapa analis menganggap pernuataan Powell lebih hawkish.

“Satu hal yang mengagetkan beberapa pihak adalah, Powell menyebut langsung bahwa pasar saham dan volatilitas yang terjadi belakangan tidak menjadi kekhawatiran bank sentral,” kata Jason Ware, chief investment officer Albion Financial.

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias Antam melebarkan sayap bisnis hingga ke Jepang. Emiten pelat merah ini meneken kerja sama perdagangan emas dengan perusaaan asal Jepang, MKK Co.Ltd. pada Selasa (27/2).

Segera setelah kerjasama terjalin, Antam bisa langsung menjual emas jenis batangan 1 kilogram (kg) ke Jepang.

Direktur Utama ANTM Arie Prabowo Ariotedjo mengatakan, kerja sama jual beli ini akan memperkuat profil perusahaan sebagai produsen emas terkemuka di Indonesia. Dari sisi penjualan, kerja sama ini menunjukan kepercayaan dan pengakuan dari dunia internasional akan produk emas ANTM sekaligus memperkuat profil LBMA Responsible Gold Guidance yang dimiliki ANTAM dari sisi pembelian.

“Kerja sama perdagangan ini akan memperkuat daya saing serta meningkatkan kinerja kami ke depan,” ujar Arie dalam keterangan resmi, hari ini.

Dengan perjanjian kerja sama ini, ANTM menargetkan transaksi jual beli emas hingga 200 kg emas setiap bulan selama satu tahun. Emas batangan Antam merupakan instrumen investasi yang memiliki tingkat akuntabilitas yang tinggi karena bersertifikat London Bullion Market Association (LBMA) yang terjamin kepastian berat dan kadarnya yakni 99.99%.

MKK merupakan anak usaha Mirai Kagaku Co.Ltd yang merupakan pemegang lisensi Sanrio Co.Ltd. Kerja sama keduanya sejatinya sudah terjalin sejak beberapa waktu lalu. ANTAM mulai bekerja sama dengan MKK sejak Desember 2017 melalui pembuatan produk emas batangan motif Hello Kitty. Sejak peluncurannya hingga saat ini, telah dilakukan dua kali pengiriman emas Hello Kitty ke Jepang sebanyak 10 kg dan diproyeksikan terus meningkat.

Bukan hanya membuka peluang pasar ke Jepang, kerja sama itu diharapkan membuka peluang penjualan yang lebih luas lagi ke depannya.

Source : kontan.co.id