KONTAK PERKASA FUTURES – Harga emas menguat lagi setelah sempat turun tadi pagi. Harga emas untuk pengiriman Agustus 2019 di Commodity Exchange menguat 0,22% ke US$ 1.415,30 pada Senin (15/7) pukul 14.18 WIB.

Harga emas masih menguat di tengah penurunan indeks dollar yang siang ini berada di 96,81. Indeks dollar turun tipis dari posisi akhir pekan lalu. Nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama dunia ini melemah dalam empat hari perdagangan terakhir sejak Rabu pekan lalu.

Pelemahan harga emas tadi pagi terjadi akibat perbaikan produksi industri China pada bulan Juni yang naik 6,3% secara tahunan. Angka ini lebih tinggi daripada prediksi 5,2%.

“Data ekonomi China yang lebih baik daripada prediksi mengurangi kekhawatiran perlambatan ekonomi global sehingga menimbulkan profit taking pada emas,” kata Howie Lee, ekonom OCBC Bank kepada Reuters.

Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi China melambat ke 6,2% secara tahunan di kuartal kedua. Ini adalah laju pertumbuhan paling lambat dalam 27 tahun terakhir.

“Secara umum pertumbuhan masih tampak lemah. Tensi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China serta kekhawatiran geopolitik Timur Tengah menyebabkan harga emas tetap kuat,” imbuh Lee.

Kabar yang ditunggu pasar selanjutnya adalah pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) pada akhir tahun. “Fluktuasi bergerak antara pemangkasan 25 basis point atau 50 basis point, yang akan memengaruhi harga emas selanjutnya,” kata Michael McCarthy, chief market strategist CMC Markets.

Berbeda dengan aset investasi yang lain, investasi emas batangan tidak otomatis terekam dengan baik. Pencatatan investasi emas memang berbeda dengan investasi saham, reksadana, maupun deposito.

Perusahaan broker, manajer investasi, atau bank yang mencatat seluruh transaksi saham, reksadana, atau deposito. Ketika kita butuh informasi mengenainya, kita tinggal buka aplikasi, tanya layanan pelanggan, atau buka bilyet deposito.

Lain cerita ketika kita investasi emas. Paling-paling transaksi kita hanya tercatat dalam secarik kuitansi. Padahal kita wajib mencatat transaksi demi transaksi, saat membeli maupun menjual emas, agar kinerja investasi emas kita bisa terukur.

Sayangnya, tidak semua orang telaten dan tekun mencatat transaksi emas. Biasanya orang hanya mengandalkan kuitansi kalau ingin mengingat kembali pernah membeli emas pada harga berapa. Akibatnya, ketika kuitansi nyelip entah di mana, banyak orang cuma mengandalkan ingatan semata.

Nah, bagi Anda yang sedang berusaha merapikan catatan nilai pembelian dan penjualan emas batangan sebagai investasi, Pusat Data KONTAN menyediakan data yang sangat membantu.

Ya, salah satu kanal Pusat Data KONTAN berisi data Harga Emas Logam Mulia Aneka Tambang. Mengunjungi kanal ini, kita bisa melihat harga emas yang berlaku hingga bertahun-tahun ke belakang.

Jadi, kalau lupa membeli emas pada harga berapa, Anda bisa menengok data ini lalu mencari harga emas yang berlaku pada waktu yang mungkin masih Anda ingat dengan baik.

Kalau pun lupa tanggal persis pembelian, biasanya kita mampu mengingat peristiwa yang berkesan sekitar pembelian itu, misalnya saat terima bonus, THR, dan sebagainya.

Source : kontan.co.id