PT KONTAK PERKASA FUTURES – Harga emas masih menguat menjelang akhir pekan. Jumat (22/3) pukul 8.00 WIB, harga emas untuk pengiriman Juni 2019 di Commodity Exchange berada di US$ 1.313,90 per ons troi, naik 0,02% jika dibandingkan dengan harga kemarin pada US$ 1.313,60 per ons troi.

Setelah bank sentral Amerika Serikat (AS) menahan suku bunga acuan, harga untuk emas menguat makin kokoh. Harga emas terus bergerak di atas US$ 1.300 per ons troi.

Tapi, harga dari emas berpotensi koreksi setelah rilis angka klaim pengangguran AS yang turun lebih dari prediksi pada pekan lalu. “Data yang dirilis cukup bagus,” kata Tai Wong, head of base and precious metals derivatives trading BMO kepada Reuters.

Wong menambahkan, perbaikan data ini menyebabkan pelemahan sementara harga emas. “Kegagalan emas menembus US$ 1.320 memicu likuidtasi dari posisi beli dan juga memicu algoritma merasakan pelemahan jangka pendek,” imbuh dia.

Di sisi lain, indeks dollar AS pagi ini melemah setelah rebound pada perdagangan kemarin. Meski melemah, indeks yang mencerminkan nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama dunia ini masih bertahan di atas 96.

Harga untuk emas melompat di awal perdagangan pagi ini setelah bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve mengumumkan tidak akan menaikkan suku bunga acuan pada tahun ini. Kamis (21/3) pukul 7.58 WIB, harga emas untuk pengiriman April 2019 di Commodity Exchange berada di US$ 1.315,80 per ons troi, naik 1,08% jika dibandingkan dengan harga penutupan kemarin.

Harga emas mencapai level tertinggi sepanjang Maret ini atau dalam tiga pekan terakhir. Keputusan Federal Reserve untuk menahan suku bunga acuan sepanjang tahun ini menyebabkan emas kembali menjadi incaran.

“Jika inflasi tetap rendah, harga emas akan membaik, tapi tidak sangat bullish,” kata George Gero, managing director RBC Wealth Management seperti dikutip Reuters.

Harga emas sangat sensitif terhadap pergerakan suku bunga dan nilai tukar dollar AS.

Tak cuma harga emas, harga platium dan paladium pun menguat. Hari ini, harga platinum untuk pengiriman April 2019 di New York Mercantile Exchange menguat 1,33% ke level US$ 871 per troi ons. Sedangkan harga paladium untuk pengiriman Juni 2019 di New York Mercantile Exchange menguat 0,70% ke US$ 1.571,40 per ons troi.

Harga paladium ini mencapai level tertinggi sejak sepanjang masa. Selain karena statusnya sebagai logam mulai, harga paladium menguat karena pengetatan pasokan.

Source : kontan.co.id