PT KONTAK PERKASA – Harga emas jatuh pada hari Rabu, setelah dolar AS reli dan ketegangan perdagangan terus mendominasi.

Emas berjangka Comex untuk penyerahan Desember turun 0,17% ke $1,200.10 per troy ons pada pukul 15.54 WIB.

Investor mengamati dengan seksama perkembangan perdagangan setelah Presiden AS Donald Trump mengancam pada hari Jumat untuk mengenakan tarif pada hampir semua impor China, atau sekitar $467 miliar nilai barang.

China berencana meminta persetujuan WTO untuk menjatuhkan sanksi kepada AS pada pertemuan minggu depan. Para pejabat China sebelumnya menyatakan akan membalas serangan perdagangan dari Washington.

Konflik perdagangan antara AS dan China terus mendorong investor untuk membeli dolar, dan menurunkan harga emas karena para pedagang merasa bahwa AS sedikit mengalami kerugian dalam situasi perang dagang.

Emas biasanya jatuh akibat dolar naik, dan logam kuning berdenominasi dalam mata uang AS serta sensitif terhadap pergerakan dolar. Bullion menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya ketika dolar naik dan lebih murah ketika jatuh.

Harga emas telah terjebak dalam kisaran $1.200 selama dua minggu terakhir karena para investor beralih ke daya tarik yang aman dari greenback.

Ekspektasi untuk kenaikan suku bunga Federal Reserve pada bulan September juga membantu mendorong greenback bergerak tinggi. Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, naik 0,11% menjadi 95,15.

Logam lain sebagian besar beranjak tinggi di Comex, dengan perak berjangka meningkat 0,37% menjadi $14,20 per troy ons. Di antara logam mulia lainnya, Platinum Berjangka bertambah 0,18% menjadi $790,80 sementara Palladium Berjangka turun 0,18% ke $960,10 per ons. Tembaga berjangka melaju 1,43% ke $2,659 per pon.

Futures emas lebih tinggi selama sesi AS pada Rabu.

Pada Divisi Comex New York Mercantile Exchange, Futures emas untuk penyerahan Desember diperdagangkan pada USD1.213,30 per troy ons pada waktu penulisan, meningkat 0,92%.

Instrumen ini sebelumnya diperdagangkan sesi tinggi USD per troy ons. Emas kemungkinan akan mendapat support pada USD1.190,40 dan resistance pada USD1.213,90.

Indeks Dolar AS Berjangka yang memantau kinerja greenback versus keranjang enam mata uang utama lainnya, jatuh 0,29% dan diperdagangkan pada USD94,77.

Sementara itu di Comex, Perak untuk penyerahan Desember naik 1,00% dan diperdagangkan pada USD14,295 per troy ons sedangkan Tembaga untuk penyerahan Desember naik 2,35% dan diperdagangkan pada USD2,683 per pon.

Source : investing.com