KontakPerkasa Futures – Emas jatuh pada hari Rabu, memperpanjang penurunan sesi sebelumnya pasca Federal Reserve AS mengisyaratkan mengambil pendekatan pada pertemuan-pertemuan berikutnya untuk menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak tahun 2006 lalu.

Pasca pertemuan selama dua hari, Federal Reserve menunjuk pelemahan di pasar tenaga kerja AS dan ekonomi, menandakan ekonomi sedang berjuang dengan rencana untuk menaikkan suku bunga tahun ini.

Spot emas jatuh menuju ke level $1,201.13 pasca pernyataan The Fed, dan turun 0,6 persen ke level $1,204.70 per ons pukul 3:03 EDT (1903 GMT). Emas naik hampir 3 persen dalam dua sesi terakhir, naik ke level tertinggi dalam tiga pekan terakhir di level $1.215 pada hari Selasa kemarin.

Emas berjangka AS untuk pengiriman Juni turun $3,90 ditutup di level $1,210.00 per ons.

Sementara banyak pedagang telah menurunkan harapan untuk kenaikan suku bunga pada bulan Juni mendatang, pernyataan The Fed tidak menutup kemungkinan peningkatan pada September mendatang.

Dolar AS, merosot tajam ke level terendah dalam dua bulan terakhir, mengupas kerugian terhadap sejumlah mata uang utama pasca rilis pernyataan the Fed.

Meskipun emas baru-baru ini terdongkrak pasca serangkaian data ekonomi AS, dolar yang melemah dan pertumbuhan ekonomi AS melambat, menurut data yang dirilis pada hari Rabu waktu setempat yang menunjukkan produk domestik bruto AS tumbuh hanya 0,2 persen, yang paling lemah dalam satu tahun terakhir dan di bawah proyeksi ekonom. (izr)

Sumber: Reuters