PT KONTAK PERKASA – Harga emas jatuh pada hari Kamis dan akan mencatat penurunan bulanan kelima dalam ekspektasi suku bunga yang lebih tinggi, sementara itu dolar juga sedikit beranjak melemah.

Emas berjangka untuk penyerahan Desember diperdagangkan pada $1,209.5 per troy ons, turun 0,16% pada pukul 11.32 WIB di divisi Comex Bursa Perdagangan New York (NYMEX).

Pasar secara luas mengharapkan Federal Reserve untuk menambah suku bunga pada bulan September dan Desember setelah simposium Jackson Hole minggu lalu, di mana Pemimpin Fed Jerome Powell membela kebijakan kenaikan suku bunga, dan menambahkan bahwa ia mengharapkan suku bunga yang rendah tetapi secara bertahap dalam pertumbuhan suku bunga karena inflasi mencapai target negara 2%.

Pidato Powell itu muncul setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan awal bulan ini bahwa ia “tidak senang” dengan keputusan Fed untuk menaikkan suku bunga. Potensi kenaikan suku bunga secara umum menurunkan permintaan emas, yang tidak menghasilkan bunga.

Sementara itu, AS melaporkan pada hari Rabu pertumbuhan terkuat dari kuartal kedua PDB dalam satu dekade, berkembang pada tingkat tahunan 4,2%.

“Investor sedang berjuang di tengah data positif yang datang [dari AS] dan itulah mengapa harga [emas] terjebak tepat di atas $1.200 pada saat ini tanpa pandangan yang jelas, terutama di sekitar level untuk tahun 2019,” sebut analis ANZ Daniel Hynes .

Indeks Dolar AS, yang melacak greenback terhadap sejumlah mata uang, turun 0,03% menjadi 94,57. Indeks sedikit naik dari level terendah empat minggu di 94.434 pada hari Selasa.

Futures emas lebih rendah selama sesi AS pada Kamis.

Pada Divisi Comex New York Mercantile Exchange, Futures harga emas untuk penyerahan Desember diperdagangkan pada USD1.206,30 per troy ons pada waktu penulisan, menurun 0,43%.

Instrumen ini sebelumnya diperdagangkan sesi rendah USD per troy ons. Emas kemungkinan akan mendapat support pada USD1.202,10 dan resistance pada USD1.217,00.

Indeks Dolar AS Berjangka yang memantau kinerja greenback versus keranjang enam mata uang utama lainnya, naik 0,18% dan diperdagangkan pada USD94,63.

Sementara itu di Comex, Perak untuk penyerahan September jatuh 1,51% dan diperdagangkan pada USD14,475 per troy ons sedangkan Tembaga untuk penyerahan Desember jatuh 1,33% dan diperdagangkan pada USD2,700 per pon.

Source : kontan.co.id