Kontakperkasa Futures – Emas berjangka membukukan penurunan terpanjang dalam lima minggu terkait kekhawatiran bahwa Federal Reserve bergerak lebih dekat untuk menaikkan suku bunga AS, menahan permintaan untuk logam mulia sebagai alternatif investasi.

Pada kuartal ketiga, emas turun 8,4% karena ekonomi AS menguat. The Fed memulai pertemuan dua hari besok dan para pembuat kebijakan akan membahas langkah-langkah menaikkan biaya pinjaman setelah mempertahankan suku bunga acuan mendekati nol persen sejak tahun 2008.

Bulan lalu, emas turun ke level terendah dalam empat tahun setelah ekuitas melonjak ke rekor dan harga minyak memasuki bear market. Jeffrey Currie, kepala riset komoditas di Goldman Sachs Group Inc, mengatakan pekan lalu bahwa logam akan turun karena membaiknya ekonomi AS. Ekonom dan pejabat The Fed yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan suku bunga yang lebih tinggi pada tahun 2015.

Emas berjangka untuk pengiriman Februari turun 1,2% dan ditutup pada level $ 1,207.70 per ons pada pukul 1:46 siang di Comex New York. Harga catat penurunan keempat berturut-turut, yang merupakan kemerosotan terpanjang sejak 6 November.(frk)

Sumber : Bloomberg