PT KP PRESS – Harga emas naik dan terus menguat ke US$ 2.041 per ons troi pada pagi ini (6/8). Harga emas bertahan untuk lanjutkan penguatan di rekor tertinggi pada awal perdagangan hari ini. Laju si kuning mendapat angin segar dari pelemahan dolar Amerika Serikat (AS) dan harapan akan lebih banyak stimulus yang digelontorkan untuk kerek ekonomi yang tertekan virus corona. Hasilnya, pesona emas sebagai aset lindung nilai alias safe haven semakin terasa.

KONTAK PERKASA FUTURES – Kamis (6/8) pukul 08.00 WIB, harga emas spot naik 0,2% ke US$ 2.041,29 per ons troi. Harga emas sempat menyentuh level tertinggi sepanjang masa di US$ 2.055,10 per ons troi Rabu (5/8) sebelum akhirnya ditutup di level US$ 2.038,12 per ons troi. Di saat yang sama, harga emas berjangka kontrak pengiriman Desember juga naik 0,3% menjadi US$ 2.055 per ons troi. Pada sesi sebelumnya, harga emas ini melonjak 1,4% ke US$ 2.049,3 per ons troi.

PT KONTAK PERKASA – Penyokong utama bagi harga emas datang setelah indeks dolar turun 0,2% ke level terendah dalam dua tahun. Ini membuat harga emas yang diperdagangkan dalam the greenback menjadi lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya. Kurva imbal hasil obligasi pemerintah AS semakin meningkat karena harga jatuh setelah prospek peningkatan pasokan utang bertambah seiring dengan rencana stimulus tambahan. Kilau emas masih menyilaukan berasal dari lonjakan kasus virus corona.

PT KONTAK PERKASA FUTURES – Berdasarkan hitungan Reuters, lebih dari 18,66 juta orang telah dilaporkan terinfeksi oleh virus corona secara global dengan korban tewas lebih dari 700.000. kemarin, Amerika Serikat, Brasil, India dan Meksiko memimpin peningkatan kematian. Kenaikan pesat dalam kasus-kasus telah menekuk dengan cepat harapan terhadap rebound ekonomi. Ini mendorong arus masuk ke aset safe-haven seperti emas, yang telah loncat lebih dari 34% sepanjang tahun ini. “Suku bunga rendah juga hanya meningkatkan daya tarik aset riil,” kata David de Garis, direktur ekonomi di National Australia Bank.

Rekor, harga emas diramal bisa menyentuh US$ 3.000 dalam 18 bulan ke depan

Lonjakan harga emas masih berlanjut hingga tengah malam. Pada Rabu (5/8) pukul 23.12 WIB, harga emas spot naik 1% ke US$ 2.039 per ons troi dari harga penutupan perdagangan kemarin pada US$ 2.019,21 per ons troi.

Harga emas meroket ke rekor tertinggi akibat pelemahan dolar, stimulus global yang terus mengalir, serta pandemi virus corona yang masih menyebar. Harga emas telah naik sekitar 35% tahun ini dan menjadi salah satu aset investasi dengan kenaikan terbaik.

Para investor khawatir stimulus ekonomi yang menjadi respons pandemi akan memicu inflasi, menurunkan nilai aset, serta menekan yield obligasi ke rekor terendah. Hal ini turut menaikkan daya tarik emas. “Ada tingkat ketakutan di pasar yang hampir tak terlihat,” kata Ross Norman, analis independen kepada Reuters.

Norman mengatakan bahwa momentum masih tinggi akibat kekhawatiran kegagalan ekonomi makro untuk menunjukkan tanda-tanda pemulihan.

Harga perak pun melesat 4,2% ke US$ 27,10 per ons troi yang merupakan level tertinggi sejak April 2013. Perak yang digunakan sebagai aset safe haven sekaligus untuk logam industri sudah melesat 51% tahun ini, jauh lebih tinggi daripada kenaikan harga emas.

Reuters melaporkan bahwa yield US Treasury 10 tahun yang disesuaikan dengan inflasi sudah turun -1% dari angka 0,15% di awal tahun ini.

Nilai tukar dolar AS pun mencapai level terendah dalam beberapa tahun. Pelemahan kurs dolar AS ini menyebabkan harga emas dalam mata uang non-dolar lebih murah.

Kenaikan harga emas pun dipicu oleh kegagalan Kongres AS yang masih belum mencapai kata sepakat mengenai stimulus lanjutan. Bank of America memperkirakan harga emas bisa mencapai US$ 3.000 per ons troi dalam 18 bulan ke depan.

“Satu-satunya hal yang bisa menurunkan harga emas adalah adanya vaksin yang tersedia dan mudah didistribusikan,” kata Rhona O’Connell, analis StoneX. Dia menambahkan bahwa pergerakan kenaikan harga emas selanjutnya akan volatile.

Beberapa analis menilai bahwa reli harga emas terlalu cepat dalam jangka pendek. Periode konsolidasi harga emas akan sangat mungkin terjadi.

Source : kontan.co.id